Jumat, 26 April 2024
Perguruan Tinggi

UIN SUTHA Jambi tandatangani MoU dengan Gasnet dan PT.Woolu Aksara Maya

UIN SUTHA Jambi tandatangani MoU dengan Gasnet dan PT.Woolu Aksara Maya

[vc_row][vc_column][vc_column_text]HUMAS UIN SUTHA – Pada hari ketiga Raker UIN SUTHA Jambi tahun 2023 dilangsungkan penandatanganan perjanjian kerjasama (MoU) antara UIN SUTHA Jambi dengan PT.Woolu Aksara Maya dan Gasnet yang merupakan anak perusahaan dari Perusahaan Gas Negera (PGN) (03/03/2023).

 

Sebelum penandatanganan ini dimulai, Dr.Bahrul Ulum, M.A selaku Wakil Rektor III menyampaikan pengantar terkait pelaksanaan perjanjian kerjasama yang kita lakukan dengan Gasnet hari ini adalah perpanjangan kerjasama yang selama ini sudah berlangsung setiap tahun sejak 2020 yang selalu kita lakukan perpanjangan setiap tahunnya, tetapi untuk tahun 2023 ini kita lakukan perpanjangan perjanjian kerjasama menjadi dua tahun.

 

 

Selanjutnya kita juga akan melakukan perjanjian kerjasama dengan PT.Woolu Aksara Maya yang merupakan lembaga digitalisasi perpustakaan dan ini merupakan rekomendasi dari perpustakaan nasional dan perpus wilayah di Jambi yang sudah terlebih dahulu menggunakan jasa dari PT.Woolu Aksara Maya. Hal ini juga merupakan langkah yang kita lakukan untuk mendapatkan akreditasi unggul bagi perpustakaan UIN Jambi.

 

Sebelum pelaksanaan MoU, dalam sambutannya Rektor menyampaikan sebelum kita menandatangani kelanjutan kerjasama dengan Gasnet yang telah berlangsung selama 3 tahun lebih ini, Alhamdulillah tahun ini kita akan menerima bantuan CSR dari Gasnet berupa arena panjat dinding yang kita klaim akan menjadi yang termegah. Tentunya ini kita lakukan untuk menyambut persiapan Pekan Kreativitas Mahasiswa III Se-Sumatera 2023 di Jambi.

 

Kami saat ini juga sedang mengembangkan sejumlah program besar untuk mencapai target visi misi dari lokomotif perubahan dan hari ini kami harapkan juga akan mendapatkan dukungan dari gasnet, ucap Rektor.[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column][vc_images_carousel images=”145823,145824,145825,145826,145827″ img_size=”350X255″ speed=”1000″ autoplay=”yes” wrap=”yes”][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column][vc_column_text]Menanggapi sambutan Rektor, Mewakili Direktur Gasnet Bapak Riki bersama Ibu Airin yang mewakili Direktur Utama PT.PGAS Telekomunikasi Nusantara menyampaikan rasa kagumnya melihat visi misi UIN Jambi yang saat ini luar biasa. Saya menyambut positif dengan perjanjian kerjasama ini tentang bagaimana kita bisa berkolaborasi agar kedepannya perkembangan bisa terjadi diantara kedua lembaga dan kita bisa saling support.

 

Salah satunya kita dapat mendorong bersama proses digitalisasi di Indonesia melalui UIN Jambi bahwa semuanya nanti akan menggunakan teknologi informasi, maka PGN melalui Gasnet hadir menjawab bagaimana supaya percepatan informasi ini bisa digunakan di UIN Jambi dengan tujuan yang sama untuk menunjang kemajuan UIN, ucap pihak Gasnet.

 

Selanjutnya Bapak Ajang Pinem selaku Direktur Operasional PT.Woolu Aksara Maya juga menyampaikan bahwa sebenarnya ekosistem akademik saat ini bukan hanya sekedar meminta kita untuk memenuhi standar kebutuhan perpustakaan. Tetapi kampus juga diminta untuk ikut berperan dalam ekosistem konten digital yang ramah dengan mengembangkan teknologi Digital Right Management untuk mengelola dan melindungi konten digital (Value Proposition), serta memanfaatkan platform teknologi dalam ekosistem konten digital (Unique Proposition).

 

 

Maka dari itu, kami dari Woolu Aksara Maya akan memulai apa yang kami janjikan untuk branding label I-Perpustakaan di UIN Jambi dengan membuat akses digitalisasi perpustakaan, ucap Pak Ajang.

 

Kemudahan yang kita dapatkan dari aplikasi perpustakaan digital ini, pengembangan dan penggunaan aplikasi tersebut tidak berbayar. Kemudian, pada pelaksanaannya dilapangan pemustaka (pengunjung) tidak perlu lagi datang langsung ke perpustakaan untuk meminjam atau mengembalikan buku. Pemustaka bisa mengunjungi perpustakaan UIN Jambi langsung melalui I-Pustaka UIN SUTHA Jambi dengan menggunakan akses internet untuk mendapatkan pelayanan meminjam dan mengembalikan buku secara online.[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row]