Jumat, 26 April 2024
Perguruan Tinggi

UNNES Buka Lima Jalur Seleksi Mandiri 2023

Pendaftaran Seleksi Mandiri Universitas Negeri Semarang (SM-UNNES) tahun 2023 sudah mulai dibuka. UNNES membuka 5 jalur Seleksi Mandiri pada tahun ini.

Kepala UPT Humas UNNES Zaenal Abidin SSi MCs PhD menyampaikan, SM-UNNES adalah seleksi penerimaan mahasiswa baru jenjang D3, S1, S2, S3, dan Profesi yang diselenggarakan secara mandiri oleh UNNES dalam bentuk ujian tertulis/daring dan/atau ujian keterampilan seni/olahraga.

Ia menambahkan, 5 jalur SM-UNNES pada tahun ini yakni S1 Jalur Prestasi pendaftaran dibuka tanggal 1 Maret – 9 Juni 2023, S1 Jalur Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Unggulan pendaftaran dibuka tanggal 1 Maret – 9 Juni 2023, S1 Jalur Kelas Internasional bagi calon mahasiswa dari Indonesia pendaftaran dibuka pada tanggal 1 Maret – 9 Juni 2023.

Lanjut, Jalur Pendidikan Profesi Konselor pendaftaran gelombang pertama dibuka tanggal 1 Maret – 28 April 2023, dan gelombang kedua dibuka tanggal 22 Mei – 14 Juli 2023, dan Jalur S2 dan S3 Reguler pendaftaran gelombang pertama dibuka tanggal 1 Maret – 3 Mei 2023 sedangkan pendaftaran gelombang kedua 15 Mei – 18 Juli 2023.

Zaenal Abidin menjelaskan Jalur S1 Prestasi bertujuan untuk meningkatkan mutu input mahasiswa baru UNNES dan sebagai bentuk penghargaan kepada siswa yang memiliki prestasi luar biasa atau juara dalam bidang olahraga, seni, olimpiade/lomba mata pelajaran, maupun keagamaan.

Selain itu, SM-UNNES Jalur PGSD Unggulan diselenggarakan untuk meningkatkan mutu input mahasiswa baru UNNES dalam rangka meningkatkan calon guru Sekolah Dasar yang unggul yang dilanjutkan dengan Pendidikan Profesi Guru (PPG).

Sedangkan, SM-UNNES Jalur Kelas Internasional diselenggarakan untuk meningkatkan mutu input mahasiswa baru UNNES dan Jalur Pendidikan Profesi Konselor sebagai wujud partisipasi dan dukungan terhadap upaya pemerintah dalam peningkatan kualitas kompetensi pendidik khususnya konselor.

Zaenal Abidin mengatakan, pendaftaran dilaksanakan secara bertahap sesuai dengan jalur penerimaan dan pendaftaran dilakukan di laman https://penerimaan.unnes.ac.id/seleksi-mandiri-2023/.