Jumat, 26 April 2024
Perguruan Tinggi

Fapet Unpad Tingkatkan Kualitas Peternak di Desa Wanajaya, Surian, Sumedang

Fapet Unpad Tingkatkan Kualitas Peternak di Desa Wanajaya, Surian, Sumedang

[Kanal Media Unpad] Dalam upaya meningkatkan mutu dan kualitas peternakan masyarakat, Pemerintah Desa Wanajaya Kecamatan Surian, Sumedang menggandeng Fakuktas Peternakan Universitas Padjadjaran.

Kerja sama dilakukan dalam hal pemberian pelatihan pembuatan pakan ternak sapi dan domba kepada masyarakat peternak di Desa Wanajaya. Pelatihan digelar di Aula Desa Wanajaya, Surian, Sumedang, Kamis (9/3/2023) lalu.

Pada pelatihan tersebut, Fapet Unpad mengirimkan beberapa dosen untuk menjadi narasumber pelatihan, yaitu: Prof. Dr. Ir. Ujang Hidayat Tanuwiria,M.Si., IPU, dengan materi “Pakan Sapi Potong”; Dr.Ir.H.Iman Hernaman.M.Si.IPU. dengan materi “Tata Laksana Pemberian Pakan Ternak Domba”;  dan  Ir.Atun Budiman, M.Si., dengan materi “Pengolahan Pakan Hijauan”.

Dikutip dari laman Fapet Unpad, Kepala Desa Wanajaya Erwan Riswanti mengatakan, pelatihan ini diharapkan dapat mempermudah peternak untuk meningkatkan produksi, baik di sektor pembibitan maupun penggemukan.

“Mudah mudahan dengan pelatihan ini bisa merubah pola piker peternak yang biasanya beternak secara tradisonal beralih ke peternak kearah modern dalam pembuatan pakan ternak,” kata Erwan.

Pada pelatihan tersebut, Prof. Ujang mengatakan, tujuan pelatihan ini adalah meningkatkan ketahanan pangan melalui teknologi pemberian pakan ternak. Hal tersebut salah satunya dapat menunjang peningkatan kualitas ternak yang ujung-ujungnya meningkatkan pendapatan masyarakat.

Sementara itu, Iman Hernaman mengingatkan bagi peternak domba untuk menetapkan tujuan spesifik sejak awal. Ada beberapa pilihan tujuan beternak, yaitu pembibitan, breeding, hingga penggemukan. Selain itu, pemilihan pakan ternak juga haruslah tepat protein, nutrien, dan energi.

Atun Budiman menyampaikan materi mengenai cara membuat pakan hijauan. Peserta diberi pengetahuan mengenai macam-macam rumput untuk pakan ternak serta cara membuat pakan ternak ruminansia fermentasi, mulai dari membuat perencanaan, menyiapkan peralatan, dan menyiapkan bahan. (rilis)*