Minggu, 28 April 2024
Sekolah Dasar

PENTINGNYA BERFIKIR POSITIF – UMI KULSUM (2021)

PENTINGNYA BERFIKIR POSITIF – UMI KULSUM (2021)

PENTINGNYA BERPIKIR POSITIF
Oleh: Umi Kulsum

Berpikir positif adalah cara pandang kita pada sisi positif terhadap situasi atau keadaan disekitar kita. Berpikir positif itu suatu keterampilan yang harus kita pelajari, bukan datang dengan sendirinya.
Sebagian besar permasalahan itu berasal dari pikiran kita. Tidak sedikit orang sakit fisik dikarenakan psikisnya yang tidak sehat. Salah satunya selalu berpikir negatif terhadap masalah yang dihadapi.
Pikiran negatif cenderung membuat seseorang emosi dan cenderung seseorang membuat keputusan yang salah.
Pikiran positif membuat seseorang ketika dihadapkan pada suatu masalah dapat berpikir dari sudut pandang yang lain, lebih fleksibel dan lebih terbuka.
Berikut beberapa manfaat berpikir positif:
1. Meningkatkan daya tahan tubuh dan mengurangi resiko sakit seperti jantung dan stroke. Apalagi masa pandemi seperti ini diperlukan imunitas yang kuat agar tidak mudah terserang virus.
2. Terhindar dari stress dan menurunkan tingkat kecemasan. Setiap orang tidak bisa menghindari rasa cemas juga stress, setidaknya dengan berpikir positif pikiran kita lebih terbuka sehingga mampu mengelola situasi yang ada dengan pilihan-pilihan jawaban atas permasalahan tersebut.
3. Menjadi pribadi yang lebih bijaksana. Kita tidak akan terlalu larut dalam situasi yang ada.
4. Membuat hidup lebih sehat dan bahagia karena kita tidak dipusingkan dengan apa yang akan terjadi dimasa yang akan datang.
5. Lebih dekat dengan kesuksesan. Berpikir positif menjadikan kita lebih fokus terhadap tujuan kita, tidak dipusingkan dengan hal-hal yang belum tentu terjadi.
Demikian tulisan ini, semoga bermanfaat. Salam bahagia dan sehat selalu.

Self reminder
Blitar, 26 Juli 2021.