Minggu, 28 April 2024
Sekolah Dasar

SABAR – FINA ISMATUL (2021)

SABAR – FINA ISMATUL (2021)

“SABAR”

Fina Ismatul

Kata yang terdiri dari lima huruf ini memiliki nilai yang begitu tinggi. Sabar merupakan suatu sikap menahan emosi dan keinginan, serta bertahan dalam menghadapi situasi sulit dengan tanpa mengeluh. Sabar juga menjadi salah satu pilar agung kebahagiaan bagi seseorang yang akan memberikan ketenangan dan ketentraman di dalam jiwa. Sabar itu tidak semudah saat kita mengucapkannya atau sekedar untuk memberikan saran/motivasi kepada seseorang yang sedang mengalami kesusahan.
Dalam sebuah pernyataan pendek juga dikatakan bahwa sabar itu, “… seperti namanya, adalah sesuatu yang pahit dirasakan, tetapi hasilnya lebih manis dari pada madu”. Benar! Buah dari kesabaran itu memang sangat indah dan manusia mana yang tidak tergiur untuk bisa mendapatkannya. Tetapi pengaplikasian dalam kehidupan sehari-hari itu sangat sulit bahkan berat untuk melakukannya apabila belum memiliki kekokohan iman.
Ibnu Qayyim rahimahullah mengatakan, “Kedudukan sabar dalam iman laksana kepala bagi seluruh tubuh. Apabila kepala sudah terpotong maka tidak ada lagi kehidupan di dalam tubuh.” (Al Fawa’id, hal. 95). Hal ini menunjukkan apabila seseorang sudah kehilangan kesabaran dalam menghadapi ujian atau cobaan yang telah diberikan oleh Allah SWT, maka sesungguhnya seseorang tersebut sudah kehilangan bagian-bagian dari keimanan. Hal ini dikarenakan semakin tinggi tingkat kesabaran yang dimiliki seseorang maka akan semakin kokoh juga keimanan seseorang tersebut dalam menghadapi segala bentuk permasalahan yang menimpanya.
Sikap sabar tidak bisa muncul dengan sendirinya, tetapi harus selalu dibiasakan saat kita menghadapi suatu permasalahan. Oleh karena itu, senantiasa kita bersama-sama saling belajar untuk selalu membiasakan dan menumbuhkan sikap sabar tersebut dalam menghadapi setiap ujian dan cobaan yang diberikan oleh Allah SWT, sebab Allah SWT tidak akan memberikan ujian atau cobaan di luar batas kemampuan hamba-Nya. Dengan sikap sabar dapat menjadi sebab hamba Allah SWT meraih kenikmatan abadi yaitu surga.

Sumber:
1. Wikipedia. 2021. Sabar. (Online). Tersedia di: https://id.wikipedia.org/wiki/Sabar diakses tanggal 20 Juni 2021
2. Wahyudi, Ari. 2008. Hakikat Sabar (Bag. 1). (Online). Tersedia di: https://muslim.or.id/217-hakikat-sabar-1.html diakses tanggal 19 Juni 2021