Jumat, 03 Mei 2024
Sekolah Dasar

TINGKATKAN KOMPETENSI KEAGAMAAN, MI SANANUL ULA DARAMAN GELAR RAMADHAN FIL MA’HAD

<strong>TINGKATKAN KOMPETENSI KEAGAMAAN, MI SANANUL ULA DARAMAN GELAR RAMADHAN FIL MA’HAD</strong>

MI Sananul Ula Daraman menggelar kegiatan Ramadhan Fil Ma’had pada tanggal 3 sampai 15 April 2023 dengan tema “ Puasaku Totalitas, Ramadhanku Berkualitas, Belajarku Tuntas”. Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kompetensi keagamaan santri, guru dan karyawan madrasah. Peserta kegiatan ini adalah santri kelas III sampai VI yang berjumlah 269 santri dan seluruh guru karyawan madrasah yang berjumlah 60 orang. Kegiatan ini dilaksanakan di gedung Pondok Pesantren milik madrasah.

Ramadhan Fil Ma’had merupakan kegiatan rutin madrasah yang diselenggarakan setiap bulan Ramadhan. Untuk santri, kegiatan ini terbagi dalam tiga gelombang. Gelombang pertama, pada tanggal 3 sampai 4 April 2023 dengan diikuti siswa kelas IV dan V putra. Gelombang kedua, pada tanggal 5 sampai 6 April 2023 diikuti siswa kelas IV dan V Putri, serta gelombang ketiga dilaksanakan pada tanggal 8 sampai 9 April 2023 yang diikuti seluruh santri kelas VI. Sedangkan untuk guru dan karyawan, kegiatan dilaksanakan pada tanggal 15 April 2023.

Kegiatan Ramadhan Fil Ma’had untuk santri diisi dengan pembiasaan-pembiasaan yang mendukung kompetensi keagamaan seperti, tadarus Al-Qur’an, salat berjama’ah, Salat Tarawih, Salat Tahajud, wirid, hadroh serta pemberian materi tentang wawasan keislaman. Sedangkan untuk guru dan karyawan, kegiatan diisi dengan pengajian dan buka bersama.

Santri saat mengikuti salah satu rangkaian kegiatan RFM 2023: salat berjama’ah

Heri Priyanto, S.Ag selaku ketua panitia kegiatan menuturkan bahwa peningkatan kompetensi keagamaan adalah tujuan utama kegiatan ini. “Kegiatan Ramadhan Fil Ma’had tahun 2023 merupakan upaya meningkatkan kompetensi keagamaan bagi santri, guru dan karyawan MI Sananul Ula Daraman. Khusus untuk santri, kegiatan ini juga untuk melatih kemandirian mereka”, tuturnya.*