Sabtu, 27 April 2024
Sekolah Menengah Atas

Mengenal lebih dekat sosok pimpinan sekolah

Beberapa hari yang lalu, tim redaksi website sekolah didampingi admin website berkunjung khusus ke ruangan pimpinan sekolah (SMA Negeri 4 Bengkulu Utara). Tujuan dari kunjungan adalah untuk mengenal lebih dekat dengan sosok pimpinan dari sekolah. Beliau menerima kami dengan penuh kehangatan dan bersedia untuk diwawancarai. Dalam kegiatan itu, kami mencoba untuk menggali sedikit ruang lingkup kehidupan ibu kami.

Berikut adalah hasil wawancara tim pencari berita dari website sekolah dengan pimpinan sekolah

Susmiyarti, nama itu yang diberikan oleh kedua orang tua tercintanya. Lahir di sebuah desa bernama Perbo, salah satu desa dalam wilayah kecamatan Kerkap, Kabupaten Bengkulu Utara, tepat pada hari Rabu tanggal 10 September 1980. Lahir dalam sebuah keluarga sederhana, keluarga seorang petani, yang memiliki 3 orang anak perempuan.

Seluruh jenjang pendidikannya beliau selesaikan di kota tercintanya. Tercatat sebagai salah satu murid di SD Negeri Banyumas sampai tahun 1993. Selesai menempuh pendidikan dasar, kemudian beliau melanjutkan pendidikannya di salah satu sekolah menengah pertama yaitu SMP Negeri Lubuk Durian yang berlokasi di Desa Magelang, masih dalam wilayah kecamatan yang sama, dan tamat pada tahun 1996. Selanjutnya, beliau melanjutkan pendidikannya di salah satu SMA favorit masih di wilayah yang sama yaitu SMU Negeri 1 Kerkap sampai dengan tahun 1999. Melalui jalur prestasi (PMDK), diterima di salah satu perguruan tertinggi di kota Medan. Karena adanya kendala, keinginan untuk menempuh jalur pendidikan tinggi di kota tersebut tinggi tidak bisa diwujudkan. Beruntung, karena termasuk siswa berprestasi di sekolahnya, melalui  jalur tes, akhirnya bisa diterima di perguruan tinggi negeri di kotanya. Beliau menjadi mahasiswi S1 fisika jurusan kependidikan dan pendidikan tinggi ini ditempuh dalam kurun waktu 4 tahun dan berhasil lulus pada tahun 2003. Pada saat ini sudah memperoleh gelar magister (S2).

Dari sudut prestasi, Ibu Susmiyarti merupakan sosok perempuan yang cukup berprestasi. Tercatat sebagai siswa yang selalu memperoleh top rank dalam tiap jenjang pendidikan yang ditempuhnya. Pernah menjadi ketua OSIS SMU Negeri 1 Kerkap. Aktif di kepengurusan HIMAFI UNIB sebagai kepala bidang, aktif di HMI, sebagai ketua MGMP Fisika kabupaten Bengkulu Utara TP 2014/2015 dan berbagai prestasi yang lain.

Dalam urusan karir, sampai saat ini aktif menjadi salah satu pendidik/ASN di almamaternya (sekolah menengahnya). Disamping melaksanakan tugas pokok, beliau diberikan amanah oleh pemerintah untuk menjalankan roda kegiatan pembelajaran masih di tempat yang sama (menjadi kepala sekolah). Tugas tambahan ini dijalaninya mulai tahun 2019 sampai dengan saat ini. Di tengah kesibukannya menjalankan karir dan tugas tambahan ini, beliau tidak lupa dengan jati dirinya sebagai  seorang ibu rumah tangga (dengan seorang suami dan 2 orang anak).

Di akhir sesi wawancara, beliau berpesan kepada kami agar tetap istiqomah dalam menjalankan setiap tugas yang menjadi tanggungjawabnya, tetap disiplin, komitmen, dan semangat sampai terwujud yang dicita-citakan.

Terima kasih kami sampaikan kepada ibu kami. Doa terbaik untuk beliau dalam menjalankan amanahnya dan sukses.