Selasa, 19 Maret 2024
Perguruan Tinggi

Gubsu Edy Rahmayadi Dukung Penuh Pembangunan Kampus Terpadu UIN SU di Sena, Deliserdang

Gubsu Edy Rahmayadi Dukung Penuh Pembangunan Kampus Terpadu UIN SU di Sena, Deliserdang

Medan, (UIN SU)
Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi mendukung penuh upaya Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UIN SU) Medan untuk membangun kawasan kampus terpadu di Desa Sena, Kabupaten Deliserdang.

Demikian penegasan Gubsu Edy Rahmayadi saat menerima kunjungan silaturahmi Rektor UIN SU Medan Prof Dr Nurhayati, MAg di Rumah Dinas Gubsu Jalan Jenderal Sudirman, Kota Medan, Senin (5/6) pagi. Turut mendampingi gubernur di antaranya H Afifi Lubis, staf khusus bidang komunikasi Edy Sofiyan dan yang mendampingi rektor ialah Kepala Biro AAKK Drs Ibnu Sa’dan, MPd, Sub Koordinator Humas dan Informasi Yunni Salma, MM dan Dr Nursapia Harahap.

Kunjungan silaturahmi diawali dengan Salat Subuh berjemaah di masjid di lingkungan rumah dinas gubernur tersebut. Gubsu Edy Rahmayadi siap memberikan dukungan kepada UIN SU terkait pengembangan kampus ke depan. Dalam hal ini yaitu pembangunan kawasan kampus terpadu di Desa Sena, Deliserdang.

Di kawasan kampus yang merupakan lokasi kampus V tersebut, nantinya akan dibangun beberapa fakultas di antaranya fakultas kedokteran. Terkait rencana pengembangan kampus ini, gubernur siap memberikan dukungan penuh dan bersinergi untuk segera terlaksana dan mewujudkannya.

Untuk merealisasikan pembukaan fakultas kedokteran gubsu menyarankan agar UIN SU bekerja sama dan menjalin kemitraan dengan rumah sakit di bawah naungan Pemprovsu. Agar proses pembukaan fakultas kedokteran dan insyaallah pendirian rumah sakit kampus Islam negeri tersebut bisa segera terealisasi.

Edy juga memberikan respons positif terkait program kerja sama dalam bidang pendidikan tinggi dengan Pemprovsu. Khususnya terkait ASN di lingkungan pemprov yang melanjutkan pendidikan, bisa studi program doktor atau S-3 di Pascasarjana UIN SU Medan.

Ia juga berpesan, agar UIN SU senantiasa menjalin kerja sama dan kemitraan yang baik dengan unsur Forkopimda Sumut. Selain itu juga menjalin komunikasi yang baik dengan unsur senior atau sesepuh kampus untuk merancang dan mengembangkan kampus Islam negeri yang dicintai masyarakat Sumut ini di masa depan.

Gubernur Edy Rahmayadi juga menyatakan akan melihat kebutuhan UIN SU lalu mengkolaborasikan dengan program Pemprovsu untuk memberi dukungan terkait pengembangan pendidikan serta untuk pembangunan daerah.

Rektor UIN SU Prof Nurhayati dalam pertemuan itu memulai diskusi dengan memperkenalkan diri sebagai rektor yang baru di lantik pada 9 Mei lalu oleh Menteri Agama kepada gubernur dan jajarannya. Dalam kepemimpinannya ini, ia menyampaikan beberapa fokus program dan kegiatan, di antaranya ialah pembangunan lokasi kampus terpadu di Sena di lahan milik UIN SU eks PTPN II seluas sekitar 100 hektare. Kunjungan ini mengharap dukungan gubernur untuk merealisasikan hal tersebut.

Prof Nurhayati juga menyatakan siap mendukung program pemprov. Terutama yang dapat disinergikan dengan UIN SU terkait pendidikan tinggi, pemberdayaan masyarakat hingga terkait dalam program moderasi beragama di Sumatera Utara. (Humas)