Selasa, 19 Maret 2024
Perguruan Tinggi

Unila Gelar Workshop Riset MBKM untuk 50 Dosen Penerima Hibah

Unila Gelar Workshop Riset MBKM untuk 50 Dosen Penerima Hibah

(Unila): Universitas Lampung (Unila) mengadakan workshop implementasi program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Riset, pada Rabu, 6 Juni 2023. Workshop ini diikuti 50 dosen dari berbagai fakultas dan jurusan yang mendapatkan hibah penelitian MBKM tahun 2023.

Workshop yang diselenggarakan Pusat Pengembangan Kurikulum dan Manajemen MBKM Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP3M) Unila di ruang sidang lantai empat Rektorat Unila. Kegiatan bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian yang melibatkan mahasiswa sebagai peneliti.

Workshop ini juga merupakan bagian dari upaya Unila untuk mencapai indikator kinerja utama (IKU) yang menjadi kontrak kinerja Rektor dengan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) terkait IKU 2, IKU 3, dan IKU 5.

IKU 2 berkaitan dengan peningkatan jumlah mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan riset, IKU 3 berkaitan dengan peningkatan jumlah publikasi ilmiah mahasiswa, dan IKU 5 berkaitan dengan peningkatan jumlah mahasiswa yang lulus tepat waktu.

Wakil Rektor Bidang Akademik Unila Dr. Eng. Suripto Dwi Yuwono, S.Si., M.T., dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan minat para mahasiswa untuk dapat terjun kedalam riset penelitian.

Melalui penelitian mahasiswa dapat membangun cara berpikir kritis, sehingga dapat melihat suatu fenomena dari berbagai sudut pandang dan mampu menyelesaikan masalah secara komprehensif.

Hal ini juga sangat dibutuhkan untuk berbagai rumpun keilmuan pada jenjang perguruan tinggi. “Dengan kemampuan berpikir kritis mahasiswa akan lebih mendalami, memahami, dan mampu melakukan metode riset secara lebih baik,” ujarnya.

Selanjutnya Ketua LP3M Prof. Dr. Abdurrahman, M.Si., menambahkan, hasil dari penelitian riset MBKM sudah masuk kepada ranah impact dan bukan lagi pada ranah output.

Selain itu, hasil penelitian diharapkan dapat memberi pengalaman berharga bagi para mahasiswa dalam aktivitas riset dan mendukung mereka mendapatkan sejumlah experience akademik yang berkualitas.

“Kami berharap melalui workshop ini para dosen dapat mempersiapkan diri dengan baik untuk melaksanakan penelitian riset MBKM bersama mahasiswa mereka,” katanya.

Workshop menghadirkan empat narasumber yaitu Dr. Habibullah Jimad, S.E., M.Si., yang memaparkan materi Luaran Penelitian MBKM, Dr. Neni Hasnunidah, M.Si., mengenai Administrasi Implementasi Penelitian MBKM.

Selanjutnya, Irza Sukmana, S.T., M.T., Ph.D., memaparkan materi Strategi Penyusunan Draft Perjanjian Kerjasama (PKS) Penelitian MBKM, dan Muhammad Komarudin, S.T., M.T., tentang Sistem Kampus Merdeka dan Proses Pengisian Data MBKM.*

[Reporter: Daffa Alsa Pradika / Editor: Siti Nuryani]