Minggu, 28 April 2024
Perguruan Tinggi

Dosen Unimed Gelar Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Digital Pada MGMP PJOK Di Kecamatan Lubuk Pakam

Dosen Unimed Gelar Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Digital Pada MGMP PJOK Di Kecamatan Lubuk Pakam

Dosen Universitas Negeri Medan (UNIMED) kembali melakukan Tri Darma Perguruan Tinggi melalui pengabdian masyarakat. Pengabdian kali ini diketuai oleh Dr. Samsuddin Siregar, S.Pd., M.Or beserta Anggota Drs. Nono Hardinoto, M.Pd, dan Dr. Albadi Sinulingga, M.Kes. Tujuan pengabdian ini adalah untuk membantu guru-guru Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan  (PJOK) dalam pembuatan media pembelajaran berbasis digital. Kegiatan PKM ini dilaksanan selama 2 hari dimulai tanggal 23-24 Juni 2023 di SMP Negeri 3 Lubuk Pakam dan yang menjadi peserta dalam kegiatan ini adalah guru-guru yang tergabung dalam MGMP PJOK sebanyak 30 orang.

Sebelum pelatihan ini dilakukan, peserta belum mampu membuat media pembelajaran berbasis digital. Padahal berdasarkan hasil-hasil riset media pembelajaran digital di masa kini merupakan salah satu komponen pembelajaran yang memiliki peran strategis dalam mempengaruhi motivasi belajar siswa dan tujuan pembelajaran. Atas dasar ini pelatihan ini dilaksanakan dengan harapan guru mampu membuat media pembelajaran digital dan menerapkannya dalam pembelajaran PJOK. Kegiatan pelatihan ini dilakukan melalui empat tahap yaitu (1) tahap orientasi materi, disini peserta dibekali pengetahuan konseptual media pembelajaran berbasis digital, (2) tahap pengembangan, secara terbimbing peserta membuat media berbasis digital berdasarkan analisis kebutuhan dan karakteristik sekolah masing-masing, (3) tahap simulasi, tahap ini peserta mencoba menampilkan media pembelajaran yang dibuat dan menerapkannya, (4) dan tahap akhir adalah tahap refleksi dan evaluasi. Di akhir kegiatan secara simbolis tim abdi menyerahkan buku panduan pembuatan media pembelajaran berbasis digital, diharapkan melalui buku ini dapat menjadi pedoman bagi peserta yang ingin mengembangkan media pembelajaran berbasis digital.

Sambutan peserta terhadap kegiatan ini sangat baik dan selama kegiatan berlangsung para peserta sangat antusias mengikutinya, hal ini dapat dilihat dari tingkat kehadiran peserta selama kegiatan mencapai 97%. Kemudian berdasarkan hasil evaluasi, kegiatan ini sangat bermanfaat bagi peserta diantaranya menambah khasanah pengetahuan dan keterampilan guru dalam mengembangan media pembelajaran. Bapak Drs. Jarlinson Saragih selaku Ketua MGMP PJOK Lubuk Pakam menyampaikan banyak terima kasih kepada Tim Pengabdi Universitas Negeri Medan yang telah membimbing kami dan telah memberikan sesuatu yang sangat kami butuhkan dan berharap tahun-tahun berikutnya kegiatan-kegiatan yang relevan dengan profesi guru dapat kembali dilakukan di komunitas kami agar kami tetap update mengikuti perkembangan pendidikan, baik media, pendekatan, kurikulum dan lainnya, Ujar bapak Jarlinson.(Humas Unimed)