Minggu, 28 April 2024
Perguruan Tinggi

Dosen Unimed Serahkan Alat Pencuci Tangan ke Sekolah Paud-RA Bunda Asih di Desa Mulyorejo

Dosen Unimed Serahkan Alat Pencuci Tangan ke Sekolah Paud-RA Bunda Asih di Desa Mulyorejo

Kebersihan diri dan lingkungan merupakan salah satu cara hidup yang harus ditanamkan sejak dini pada anak. Upaya pola hidup bersih dan sehat dapat diterapkan dengan membiasakan diri mencuci tangan sebelum dan sesudah beraktivitas. Pemahaman kebersihan diri pada anak dapat dilakukan melalui pendidikan sanitasi dengan konsep hand hygiene yang diimplementasikan melalui praktek mencuci tangan dengan sabun secara benar dan tepat. Menyahuti hal tersebut dosen Universitas Negeri Medan (UNIMED) yang tergabung dalam Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM-UNIMED) membuat alat mencuci tangan yang disesuaikan dengan karakter anak, yaitu desain sanitasi yang inovatif.

Kegiatan pengabdian dilaksanakan oleh tim dosen yang terdiri dari Ir. Siti Zulfa Yuzni, S.T., MSi., IPM sebagai Ketua Tim Pengabdi yang juga merupakan Ketua Prodi Arsitektur Universitas Negeri Medan. Adapun anggota dari tim pengabdian ini adalah Prof. Dr. Anita Yus, M.Pd, Dr. Rosnelli, M.Pd, dan Dr. Nahesson Hotmarama Panjaitan, ST., MT. Kegiatan pengabdian ini juga dibantu oleh lima orang mahasiswa dari Prodi Arsitektur dan Prodi Pendidikan Teknik Bangunan.

Tahapan dari kegiatan pengabdian diawali dengan pembuatan desain sanitasi inovasi, yaitu penentuan model yang disesuaikan dengan profil tubuh anak dan karakteristik anak. Selanjutnya adalah tahap pembuatan alat sanitasi inovatif. Setelah pembuatan alat selesai dilanjutkan dengan penyerahan alat ke sekolah PAUD-RA Bunda Asih yang terletak di Desa Mulyorejo Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang. Penyerahan alat langsung diberikan Ketua Tim Pengabdi kepada Kepala Sekolah PAUD-RA Bunda Asih Ibu Sunarsih, S.Pd.I, yang dalam hal ini mewakili sekolah. Kegiatan penyerahan ini dihadiri oleh Tim Pengabdi Unimed yang disaksikan oleh tim dari LPPM Unimed. Penyerahan alat dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 26 Juli 2023. Tahapan akhir adalah implementasi alat, yaitu alat langsung dapat  digunakan oleh peserta didik.

Kegiatan pengabdian ini mendapat apresiasi dari sekolah dan masyarakat lingkungan sekolah. Pihak sekolah merasakan senang dan berterima kasih kepada LPPM Unimed dan khususnya kepada Tim Pengabdi. Harapannya semoga ada kerjasama lanjutan untuk pengembangan sistem Pendidikan PAUD kedepannya.(Humas Unimed)