Selasa, 21 Mei 2024
Sekolah Menengah Kejuruan

Program Bidang Kurikulum 2021-2022

No Nama Program Tujuan Indikator
1 Pengembangan KTSP
  1. Mengevaluasi KTSP tahun yang lalu
  2. Mencari solusi pengembangan KTSP sesuai analisa SWOT
  3. Membuat rekomendasi substansi Dok 1
  1. Terbentuknya TIM Pengembang KTSP
  2. Diterbitkannya SPMT Tim Pemgembang KTSP
  3. Menghasilkan rekomendasi substansi Dok.1
  1. Memetakan KD yang sesuai dengan DU/DI
  2. Memetakan KD yang sesuai dengan kondisi pandemi Covid19
  1. Tabel KD esensial seluruh Mata Pelajaran
  2. Rancangan Silabus seluruh mata pelajaran
Menetapkan Dokmen 1,2,3 KTSP
  1. Ditetapkannya Kalender Pendidikan
  2. Ditetapkannya Ketuntasan Belajar
  3. Administarasi Pembelajaran
  4. Ditetapkannya Dokumen 1
  5. Lengkap Silabus
  6. Lengkap RPP
Mengembangkan kurikulum standar DU/DI Tersusunnya kurikulum tersinkronisasi dengan DU/DI
2 Proses Pembelajaran Menyusun Jadwal Pembelajaran tahun pelajaran 2021-2022 Ditetapkannya:

  • Distribusi Jam Pembelajaran
  • Jadwal Pembelajaran
Terlaksananya proses pembelajaran sesuai KTSP

Mengendalikan PJJ dan PTM sesuai jadwal pembelajaran

Seluruh guru melakukan tugasnya sesuai jadwal  PJJ dan/atau PTM

Laporan Mingguan

  1. Meningkatkan kulitas pendidikan
  2. Memecahkan masalah
  3. Memunculkan ide dan inovasi
  1. Indeks kepuasan peserta didik dan orangtua peserta didik meningkat
  2. Pemecahan masalah KBM
  3. Tersusun rekomendasi inovasi baru
  1. Transfer ilmu pendidikan
  2. Meningkatkan kualitas lulusan
  1. Pemahaman metode dan teknik mengajar baru
  2. 30% peserta didik lulus TOEIC
3 Asesmen
  1. Melakukan perbaikan pembelajaran
  2. Mengukur capaian kompetensi
  1. Diagnostik:
    • Guru melakukan diagnosa kompetensi peserta didiknya
    • Tersusun RPP yang menyesuaikan dengan kemampuan Peserta Didik
  2. Guru memberikan penilaian tepat waktu
  1. Mengukur capaian kompetensi sumatif tengah Semester
  2. Mengukur capaian kompetensi sumatif satu Semester Ganjil
  3. Mengukur capaian kompetensi sumatif satu Semester Genap
  4. Mengukur capaian kompetensi sumatif
  5. Mengukur capaian kompetensi sumatif praktek
  • Terbentuk Kepanitiaan pada setiap kegiatan
  • Diterbitkan SPMT Panitia
  • Tersedia Administrasi:
    • Daftar peserta
    • Daftar hadir
    • Daftar Nilai
    • Berita Acara
    • Jadwal
    • Tata tertib
    • Surat ijin
  • Tersedia Jadwal susulan
Memberikan laporan hasil belajar periodik: Tengah Semester dan Akhir Semester Eraport:

  1. Tersinkronisasi dengan Dapodik
  2. terinput tepat waktu
  3. Tercetak tapat waktu
  4. Disahkan tepat waktu
  5. Diserahkan tepat waktu

tanpa ada kekliruan.

Medapatkan sertifikasi sesuai standar lembaga profesi
  • Terbentuk Kepanitiaan pada setiap kegiatan
  • Diterbitkan SPMT Panitia
  • Tersedia penguji eksternal dan internal.
  • Tersedia Administrasi:
    • Daftar peserta
    • Daftar hadir
    • Daftar Nilai
    • Berita Acara
    • Jadwal
    • Tata tertib
    • Surat ijin
  • Tersedia Jadwal susulan
Mengukur kompetensi minimum, pelayanan KBM, dan suasana KBM
4 Tindak Lanjut Pembelajaran Menuntaskan pencapaian KD
  1. Perbaikan RPP
  2. Laporan remedial
  3. Seluruh peserta didik mencapai penguasaan KD yang diharapkan
Memberikan pelayanan pendidikan yang sesuai dengan kemampuan peserta didik
  1. Perbaikan RPP
  2. Laporan pengayaan
  3. Seluruh peserta didik mencapai penguasaan KD yang diharapkan
  1. Melakukan perbaikan pembelajaran
  2. Meningkatkan kualitas guru
  1. Guru membuat PTK, terutama PNS
  2. Terdapat pendamping PTK
  3. Guru melakukan publikasi PTK
5 Supervisi Pendidikan Memastikan seluruh guru menggunakan Administrasi Pembelajarannya
  1. Adanya Jadwal Supervisi
  2. Adanya instrumen Supervisi
  3. Adanya rencana tindaklanjut
  4. Adanya instrumen evaluasi hasil supervisi
Memastikan guru melakukan pembelajaran yang PAIKEM
Mengawasi pelaksanaan pendidikan pengembangan diri