No |
Nama Program |
Tujuan |
Indikator |
1 |
Pengembangan KTSP |
- Mengevaluasi KTSP tahun yang lalu
- Mencari solusi pengembangan KTSP sesuai analisa SWOT
- Membuat rekomendasi substansi Dok 1
|
- Terbentuknya TIM Pengembang KTSP
- Diterbitkannya SPMT Tim Pemgembang KTSP
- Menghasilkan rekomendasi substansi Dok.1
|
- Memetakan KD yang sesuai dengan DU/DI
- Memetakan KD yang sesuai dengan kondisi pandemi Covid19
|
- Tabel KD esensial seluruh Mata Pelajaran
- Rancangan Silabus seluruh mata pelajaran
|
Menetapkan Dokmen 1,2,3 KTSP |
- Ditetapkannya Kalender Pendidikan
- Ditetapkannya Ketuntasan Belajar
- Administarasi Pembelajaran
- Ditetapkannya Dokumen 1
- Lengkap Silabus
- Lengkap RPP
|
Mengembangkan kurikulum standar DU/DI |
Tersusunnya kurikulum tersinkronisasi dengan DU/DI |
2 |
Proses Pembelajaran |
Menyusun Jadwal Pembelajaran tahun pelajaran 2021-2022 |
Ditetapkannya:
- Distribusi Jam Pembelajaran
- Jadwal Pembelajaran
|
Terlaksananya proses pembelajaran sesuai KTSP
Mengendalikan PJJ dan PTM sesuai jadwal pembelajaran |
Seluruh guru melakukan tugasnya sesuai jadwal PJJ dan/atau PTM
Laporan Mingguan |
- Meningkatkan kulitas pendidikan
- Memecahkan masalah
- Memunculkan ide dan inovasi
|
- Indeks kepuasan peserta didik dan orangtua peserta didik meningkat
- Pemecahan masalah KBM
- Tersusun rekomendasi inovasi baru
|
|
|
- Transfer ilmu pendidikan
- Meningkatkan kualitas lulusan
|
- Pemahaman metode dan teknik mengajar baru
- 30% peserta didik lulus TOEIC
|
3 |
Asesmen |
- Melakukan perbaikan pembelajaran
- Mengukur capaian kompetensi
|
- Diagnostik:
- Guru melakukan diagnosa kompetensi peserta didiknya
- Tersusun RPP yang menyesuaikan dengan kemampuan Peserta Didik
- Guru memberikan penilaian tepat waktu
|
- Mengukur capaian kompetensi sumatif tengah Semester
- Mengukur capaian kompetensi sumatif satu Semester Ganjil
- Mengukur capaian kompetensi sumatif satu Semester Genap
- Mengukur capaian kompetensi sumatif
- Mengukur capaian kompetensi sumatif praktek
|
- Terbentuk Kepanitiaan pada setiap kegiatan
- Diterbitkan SPMT Panitia
- Tersedia Administrasi:
- Daftar peserta
- Daftar hadir
- Daftar Nilai
- Berita Acara
- Jadwal
- Tata tertib
- Surat ijin
- Tersedia Jadwal susulan
|
Memberikan laporan hasil belajar periodik: Tengah Semester dan Akhir Semester |
Eraport:
- Tersinkronisasi dengan Dapodik
- terinput tepat waktu
- Tercetak tapat waktu
- Disahkan tepat waktu
- Diserahkan tepat waktu
tanpa ada kekliruan. |
Medapatkan sertifikasi sesuai standar lembaga profesi |
- Terbentuk Kepanitiaan pada setiap kegiatan
- Diterbitkan SPMT Panitia
- Tersedia penguji eksternal dan internal.
- Tersedia Administrasi:
- Daftar peserta
- Daftar hadir
- Daftar Nilai
- Berita Acara
- Jadwal
- Tata tertib
- Surat ijin
- Tersedia Jadwal susulan
|
Mengukur kompetensi minimum, pelayanan KBM, dan suasana KBM |
|
4 |
Tindak Lanjut Pembelajaran |
Menuntaskan pencapaian KD |
- Perbaikan RPP
- Laporan remedial
- Seluruh peserta didik mencapai penguasaan KD yang diharapkan
|
Memberikan pelayanan pendidikan yang sesuai dengan kemampuan peserta didik |
- Perbaikan RPP
- Laporan pengayaan
- Seluruh peserta didik mencapai penguasaan KD yang diharapkan
|
- Melakukan perbaikan pembelajaran
- Meningkatkan kualitas guru
|
- Guru membuat PTK, terutama PNS
- Terdapat pendamping PTK
- Guru melakukan publikasi PTK
|
5 |
Supervisi Pendidikan |
Memastikan seluruh guru menggunakan Administrasi Pembelajarannya |
- Adanya Jadwal Supervisi
- Adanya instrumen Supervisi
- Adanya rencana tindaklanjut
- Adanya instrumen evaluasi hasil supervisi
|
Memastikan guru melakukan pembelajaran yang PAIKEM |
Mengawasi pelaksanaan pendidikan pengembangan diri |