Minggu, 19 Mei 2024
Sekolah Menengah Atas

Siswa MAN 2 Palembang Ikuti Tes UKBI

Siswa MAN 2 Palembang Ikuti Tes UKBI

Humas, Mandupa.

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) mendorong penyebarluasan informasi dan pemanfaatan Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) Adaptif Merdeka ke berbagai pihak khususnya guru dan peserta didik. Selama 2 hari dari tanggal 30-31 Oktober 2023 siswa MAN 2 Palembang khususnya siswa kelas XII mengikuti tes UKBI tersebut di ruang lab Komputer MAN 2 Palembang, Selasa (31/10).  Pelaksanaan tes UKBI di MAN 2 Palembang dibagi menjadi 3 sesi yakni dimulai pada pukul 08.00 wib s.d. 15.00 wib.

Tes UKBI tersebut bertujuan agar semakin banyak pihak memanfaatkan UKBI sebagai alat ukur kemahiran dan acuan dalam meningkatkan kompetensi berbahasa Indonesia secara terus menerus. UKBI bisa membantu sekolah dalam memetakan satuan pendidikan maupun wilayah mana saja yang kelompok siswanya bagus dalam hal kompetensi menulis, berbicara, memahami bacaan, memahami kaidah, dan menyimak/mendengarkan.

“Dari pemetaan hasil tes UKBI tersebut para guru nantinya mengembangkan model pembelajaran yang lebih bervariasi,”ujar Yusri Erlini Kepala MAN 2 Palembang.

“hasil Tes UKBI juga nantinya dapat melihat potensi siswa. Yang pertama, meningkatkan kompetensi siswa yang masih lemah. Kedua, untuk siswa yang dinilai sudah mahir, bisa melanjutkan pembelajaran ke tahap berikutnya yang lebih menantang dan menarik. Misalnya menulis artikel, dan lain-lain,”tambahnya.

Yusri juga berharap melalui tes UKBI ini dapat menambah potensi para siswa untuk lebih mahir lagi dalam berbahasa dan menulis. (am)