Selasa, 07 Mei 2024
Sekolah Menengah Atas

Eksplorasi Karakter Siswa: Kemah Karakter Kembali Digelar Menggali Potensi Diri Siswa

SMA Negeri 1 Pandaan kembali menyelenggarakan kegiatan Kemah Karakter pada Jumat s.d. Sabtu (3-4/11/23). Setelah tahap pertama bulan lalu diikuti oleh siswa-siswi kelas X-A, X-B, dan X-C, tahap kedua dilanjutkan dengan tiga kelas berikutnya yaitu X-D, X-E, dan X-F. Kegiatan sebagian besar dilaksanakan di lapangan hijau, lapangan basket, dan area sekitar SMANDA 2. Meskipun ragam kegiatan tidak jauh berbeda dengan Kemah karakter sebelumnya, seluruh peserta tampak bersemangat dan tetap menjalankan kegiatan sesuai arahan.

Hari pertama Kemah Karakter tahap dua pada Jumat, 3 November 2023, diawali dengan apel pembukaan, dilanjutkan dengan pembangunan dan dekorasi tenda yang berlokasi di lapangan hijau. Setelahnya para peserta Kemah Karakter diberikan empat materi berbeda dari pagi hingga sore hari. Materi yang dipelajari diantaranya adalah pioneering kelengkapan tenda, kesakaan, PGGD dan evakuasi korban, serta materi keagamaan. Pada malam hari, rangkaian acara kembali diisi dengan makan bersama tiap kelompok. Uniknya, kali ini panitia mempersiapkan tayangan dokumentasi Kemah Karakter di hari pertama yang cukup menghibur para peserta. Kegiatan pun dilanjutkan dengan ice breaking serta pesta api unggun yang meriah. “Kegiatan yang paling berkesan bagi saya adalah pada saat api unggun, karena merupakan puncak acara yang sudah ditunggu oleh teman teman,“ ungkap Citra Julia, siswi kelas X-E.

Sususan acara pada pagi hari dilanjutkan dengan senam pagi, fun games dengan 3 permainan berbeda, dan diakhiri dengan apel penutup pada pukul 11.30 WIB. “Rangkaian acara ini sudah disiapkan dari jauh jauh hari setelah evaluasi Kemah Karakter  sebelumnya, tentunya dengan panitia yg baru dan tambahan acara baru,” jelas Fathan, selaku ketua pelaksana kegiatan Kemah Karakter tahap kedua.

Reporter : Valexa Hafsah Ghaisani dan Risma Khimayatul Atiya