Selasa, 07 Mei 2024
Sekolah Menengah Atas

SMA Negeri 1 Pandaan Gelar Psikotest untuk Mengoptimalkan Potensi Siswa

Memasuki tahap akhir pendidikan di SMA, siswa kelas XII dihadapkan pada tantangan dalam menentukan perguruan tinggi dan program studi yang akan diambil. Untuk mengatasi tantangan tersebut, SMA Negeri 1 Pandaan memberikan sebuah solusi dengan menyelenggarakan psikotest pada Sabtu (11/11/23) yang diselenggarakan oleh guru Bimbingan Konseling (BK) dan ahli Psikologi dari Creativa. Kegiatan psikotest ini berlangsung pada pukul 08.00 – 11.30 WIB di ruang kelas masing-masing. 

Psikotest ini diadakan untuk mengetahui bakat dan minat siswa sehingga dapat membantu dalam menentukan jurusan yang sesuai dengan bakat dan kemampuan mereka. Harapannya, siswa tidak akan salah langkah dalam mengambil jurusan. Selama pelaksanaan psikotest tersebut, siswa mengerjakan soal-soal yang berhubungan dengan kemampuan berpikir, pengetahuan umum serta soal yang berhubungan dengan minat bakat mereka. Pelaksanaan psikotest berjalan dengan lancar, siswa-siswi berhasil mengerjakannya dengan baik, dan mengikuti kegiatan dengan tertib sesuai arahan hingga kegiatan berakhir.  

“Sebenarnya saya masih sedikit bimbang dalam memilih jurusan yang saya inginkan, semoga hasil dari psikotest ini segera keluar supaya saya dapat memantapkan pilihan untuk program studi lanjut sesuai dengan bakat dan kemampuan yang saya milliki. Semoga juga dengan diadakannya psikotest ini, bisa meningkatkan presentase jumlah siswa yang lulus SNBP,” ungkap Clarissa selaku salah satu peserta.

Reporter : Ghaniya Ammara Hermawan