Rabu, 08 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Galang Resourse Sharing Sebagai PTJJ, UT MoU dengan Bupati dan Dua Rektor pada Seminar Wisuda

Galang Resourse Sharing Sebagai PTJJ, UT MoU dengan Bupati dan Dua Rektor pada Seminar Wisuda

Pada usia ke-39 Universitas Terbuka (UT) semakin pesat mengikuti perkembangan teknologi informasi guna mendukung pelayanan bagi 525,360 mahasiswa aktif yang tersebar baik di Indonesia maupun luar negeri. UT sebagai pionir perguruan tinggi terbuka dan jarak jauh. Hingga saat ini, UT telah menghasilkan lebih dari 2 juta alumni yang dibekali dengan kemampuan belajar mandiri dan penggunaan teknologi berbasis internet. UT memiliki 2 Program Diploma (D3 & D4), 32 Program Sarjana (S1), 7 Program Magister (S2), 2 Program Doktoral (S3), dan juga Program Pendidikan Guru (PPG). UT terus meningkatkan layanannya agar para mahasiswa bisa berhasil lulus menyelesaikan studinya dengan prestasi akademik yang membanggakan.
Pada tanggal 27 November 2022 di Universitas Terbuka Convention Center (UTCC), Kantor Pusat UT, Tangerang Selatan, telah berhasil dilaksanakan dengan lancar dan sukses acara Seminar Wisuda Periode I Wilayah 2 Tahun Akademik 2023/2024. Acara Seminar Wisuda ini merupakan salah satu rangkaian Wisuda Periode I Wilayah 2 Tahun Akademik 2023/2024 dari mulai tanggal 27 sd 28 November 2023. Acara seminar ini dihadiri oleh sekitar 2.100 mahasiswa UT dari berbagai daerah di tanah air Indonesia, yang lulus dari Program Doktor, Magister, Sarjana, Diploma dan lulusan Program Pendidikan Guru (PPG) Dalam Jabatan (Daljab) Periode 4 Tahun 2023.


Acara dibuka dengan Laporan Ketua Panitia Seminar Wisuda Periode I, Firmansyah, S.Kom., M.M. yang kemudian dilanjutkan dengan penyampaian Sambutan Wakil Rektor Bidang Akademik, Dr. Mohamad Yunus, M.A. Pembicara acara Seminar Wisuda Periode I Wilayah 2 Tahun Akademik 2023/2024 kali ini yaitu Apriyagung, S.S., M.Hum., Ph.D., Koordinator Pokja Kemitraan dan Komunikasi Publik Kemdikbudristek yang mewakili Prof. Dr. Nunuk Suryani, M.Pd., Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK) Kemdikbudristek.
Tema seminar wisuda yang diusung yaitu kali ini yaitu “Bergerak Melayani Bangsa Bersama UT PTNBH”. Hal ini seiring dengan semangat UT untuk melakukan pembenahan di segala bidang khususnya sejak UT naik kelas menjadi UT PTNBH. UT terus melakukan upaya peningkatan kualitas layanan dan daya jangkau yang memang menjadi concern Pak Rektor akhir-akhir ini. Tentu saja ini sejalan dengan upaya peningkatan jumlah mahasiswa UT dalam rangka peningkatan angka partisipasi kasar (APK) pendidikan tinggi Indonesia yang masih kalah jauh dari APK negara-negara lain di lingkungan Asia Tenggara. Dalam rangka meningkatkan layanannya, UT terus melakukan resourse sharing, menggalang kerja sama dengan berbagai pihak.

Pada kesempatan Seminar Akdemik ini dilakukan pula penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) Penandatanganan MoU antara Universitas Terbuka dengan Institut Teknologi Sumatera dan Universitas Nahdatul Ulama NTB. Yaitu antara Rektor UT Prof. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D. dengan Rektor ITERA – Prof. Dr. I Nyoman Pugeg Aryantha dan antara Rektor UT dengan Rektor UNU NTB – Dr. Baiq Mulianah, M.Pd.I.
Selain itu, juga dilakukan Penandatanganan MoU antara Universitas Terbuka dengan Pemerintah Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat yaitu antara Rektor UT dengan Bapak Bupati Pemkab Kubu Raya – Muda Mahendrawan, S.H., M.Kn.
Setelah acara MoU UT dengan 3 instansi tersebut, maka acara dilanjutkan dengan penyampaian Sambutan Bupati Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat Bupati Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat – Muda Mahendrawan, S.H., M.Kn.
Penandantangan MoU merupakan bentuk komitmen UT untuk terus menjalin kemitraan yang saling menguntungkan dengan berbagai organisasi, lembaga, dan instansi. Sebagaimana diungkap Pak Rektor, “Hal ini, sebagai upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan dan memberikan akses yang lebih luas bagi seluruh masyarakat”. MoU ini kata Prof. Ojat juga sebagai upaya UT untuk memperluas jaringannya untuk peningkatan kerja sama di bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Melalui MoU ini, lanjut Prof. Ojat diharapkan ke depannya kerja sama antara UT dengan Kampus ITERA, UNU NTB, dan dengan Bupati Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat menjadi makin kuat dan sinergis. “Dengan demikian, lebih banyak peluang dan manfaat yang akan dapat diperoleh oleh masing-masing pihak yang secara tidak langsung akan memberikan kontribusi positif bagi pembangunan melalui aspek pendidikan,” tegas Pak Rektor.

Pada salah satu sesi seminar wisuda, dilaksanakan pula acara Temu Wicara dimana para mahasiswa mendapat kesempatan berdialog dengan Rektor dan jajaran Wakil Rektor UT. Acara Temu Wicara ini dimoderatori oleh Prof. Gorky R.S. Sesi Temu Wicara merupakan ajang silaturahmi antara para calon wisudawan dengan Rektor serta jajarannya. Kesempatan tersebut dapat menjadi sarana bagi calon wisudawan untuk menyapampaikan ucapan terima kasih ataupun memberikan masukan/saran atas pengalaman menempuh pendidikan di UT. Temu wicara ini pun bisa menjadi bahan evaluasi untuk meningkatkan kualitas layanan UT ke depannya pada semua aspek proses bisnisnya demi kepuasan para stake holders nya, khususnya kepasan mahasiswa. Hal ini karena mahasiswa yang puas terhadap layaann UT, diharapkan dapat menyebarkan hal positif tentang UT kepada lingkungan sekitarnnya sehingga UT makin dikenal oleh masyarakat di mana pun berada. Dengan demikian UT akan terus meningkatkan perannya sebagai pagar bangsa dalam upaya mencetak SDM unggul sebagai modal utama untuk Indonesia Maju.
Melalui kegiatan Seminar Wisuda ini, calon-calon wisudawan yang akan dilantik kelulusannya pada esok harinya akan makin mendapatkan wawasan yang luas tentang peran seorang alumni UT agar terus mecintai dan menjunjung tinggi almamaternya dengan baik. Selamat kepada calon wisudawan UT, moga makin sukses ke depannya.