Jumat, 17 Mei 2024
Bimbingan Belajar

Azka Ramadhan, Siswa MAS PIAR Hafiz 30 Juz, Juara 2 Lomba Rangking 1 BI Sumbar

Azka Ramadhan, Siswa MAS PIAR Hafiz 30 Juz, Juara 2 Lomba Rangking 1 BI Sumbar

Muhammad Azka Ramadhan, siswa MAS Perguruan Islam Ar Risalah (PIAR), Kota Padang, berhasil meraih juara 2 pada lomba rangking 1 Alek Gadang Cinta, Bangga, Paham Rupiah.

Lomba antar-siswa SMA/MA/sederajat se-Sumatera Barat (Sumbar) tersebut digelar oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sumatera Barat (Sumbar), Minggu (26/11/2023).

“Ada sekitar 90 siswa dari berbagai sekolah yang ikut. Alhamdulillah, ana (saya) berhasil meraih juara 2,” ujarnya, Kamis (31/11/2023).

Ia menuturkan bahwa, dalam mengikuti lomba, ia melakukan persiapan dengan membahas soal seputar ilmu ekonomi melalui bimbingan guru di study club bidang studi Ekonomi di MAS PIAR.

Meski berasal dari Jurusan Keagamaan, siswa kelas XI itu memang tertarik dengan pelajaran ekonomi yang diajarkan guru di sekolah.

“Ana suka mata pelajaran IPS, khususnya di pelajaran ekonomi. Dari kelas X, nilai ulangan ana di mata pelajaran ini, alhamdulillah, bagus,” jelasnya.

Akhirnya, agar bisa belajar lebih lanjut, ia pun ikut study club bidang studi Ekonomi. Di study club itu, ia belajar sekali sepekan bersama guru di luar pembelajaran di kelas.

“Di study club, ana mendapatkan pengayaan soal bidang studi itu. Jika ada lomba, ana bersama kawan-kawan diikutkan. Kemarin, pas lomba rangking 1, alhamdulillah, ana berhasil dapat juara 2,” sampainya.

Selain pintar di bidang studi Ekonomi, Azka ternyata juga seorang hafiz 30 juz. Siswa yang lolos masuk MAS PIAR dengan jalur beasiswa prestasi itu sudah hafal Quran sejak duduk di bangku SMP.

“Sekarang, ana juga fokus untuk terus memuraja’ah hafalan Alquran . Sebab, hafalan Alquran itu adalah amanah. Jadi, harus dijaga,” ungkap anak kedua dari empat bersaudara, dari Ayah Ade Raunas dan Ibu Mursyida.

Dalam sehari, ia biasa mengulang hafalan Alquran hingga tiga juz. “Tiap harinya, ana biasa mengulang hafalan siap salat Isya hingga pukul sembilan malam,” ucap remaja yang ingin kuliah di Universitas Islam Madinah itu. [fru]