Senin, 20 Mei 2024
Sekolah Menengah Kejuruan

Kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) Pengurus Osis

Kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) Pengurus Osis

Latihan Dasar Kepemimpinan  (LDK) merupakan suatu pelatihan yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan atau skill siswa dalam memimpin. Salah satu tujuan latihan kepemimpinan siswa yaitu untuk membangun karakter pribadi (personality) supaya semakin kuat.

Latihan Dasar Kepemimpinan  (LDK) adalah sebuah pelatihan dasar yang menjadi salah satu program kerja Kesiswaan. Biasanya diadakan setelah Reorganisasi Pengurus OSIS dipilih dan anggota yang telah dinyatakan dterima dilantik menjadi bagian organisasi secara penuh. LDK dapat dikategorikan sebagai bagian dari pelatihan dan pengembangan SDM, yang memiliki tujuan untuk mempersiapkan SDM organisasi yang di sekolah agar memiliki jiwa kepemimpinan dan mampu bekerja secara efektif.

Semua pengurus OSIS yang baru harus mengikuti LDK karena memiliki tujuan yang sesuai dengan visi dan misi organisasi serta mempunyai banyak manfaat. Minggu, 10 Desember 2023 sampai dengan Senin, 11 Desember 2023. Kegiatan LDK dilaksanakan di Bintan Brzee Beach terletak di bagian utara pulau Bintan. Kegiatan akan di isi dengan  memberikan materi-materi dasar kepemimpinan. Acara ini diselenggarakan selama dua hari dengan peserta bermalam. Kegiatan ini diisi oleh materi-materi yang disampaikan langsung oleh narasumber yang ahli pada materi yang disampaikannya, yaitu:

  • Materi Kepemimpinan Membuka Acara : Bapak Ebdra W, S.Pd (Wakil Kepala Sekolah Bidang Peserta didik)
  • Materi Proposal : Ibu Susi Maryana, S.Pd
  • Materi Rapat : Bapak Wahyu Kurniawan, S.Pd
  • Materi Keorganisasi-an : Romi E, S.Pd

Kegiatan di ikuti oleh  Pengurus Osis yang sudah dilantik di tambah dengan Majelis Perwakilan Kelas (MPK).

Dengan Jumlah 41 Peserta Didik, 36 Laki-laki, 5 Perempuan. Keberangkatan jam 13:00 WIB bergerak dari Satuan Pendidikan