Kamis, 02 Mei 2024
Bimbingan Belajar

Ustaz Kamrizal: Reuni Bukan Hanya di Dunia, tetapi Juga di Akhirat

Ustaz Kamrizal: Reuni Bukan Hanya di Dunia, tetapi Juga di Akhirat

Salah seorang Dewan Pembina Yayasan Waqaf Ar Risalah (YWAR) yang juga Direktur LAZ Risalah Charity, Ustaz H. Kamrizal Syafri Adam, Lc., M.A., menyampaikan taujih atau siraman rohani kepada ratusan guru dan karyawan YWAR.

Kegiatan berlangsung di Hall SMP Putri Perguruan Islam Ar Risalah (PIAR), Kota Padang, Kamis (11/1/2024). Hadir pada kesempatan itu, Ketua YWAR, Ustaz H. Arwim Al Ibrahimi, Lc., M.A., Pimpinan PIAR, Ustaz H. Donis Satria, Lc., M.A., dan sebagainya.

Ustaz Kamrizal pada kesempatan itu menyampaikan taujih dengan tema “Agar Kita Reuni dengan Penuh Senyuman”. Diketahui, reuni merupakan pertemuan kembali dengan bekas teman sekolah, kawan seperjuangan, dan sebagainya setelah berpisah cukup lama.

“Di dunia ini, momen yang spesial itu salah satunya adalah ketika kita bertemu dengan kawan-kawan lama. Muncullah cerita tentang kenangan masa lalu. Rata-rata yang dikenang (saat bertemu kembali itu) justru adalah hal-hal yang pahit,” ujarnya.

“Misalnya, bagi anak pesantren, ‘Masih ingat nggak dulu ketika kita akan makan ternyata nasi habis dan hari hujan’. Biasanya gitu. Yang diingat adalah kenangan indah yang terasa indah karena kita mendapatkannya dengan perjuangan,” imbuhnya.

Meski demikian, bagi seorang muslim, terang Ustaz Kamrizal, reuni itu bukan hanya di dunia, tetapi juga di kehidupan setelah mati dan di akhirat.

“Ternyata, saya baca di Kitab At-Tadzkirah, ketika seseorang mati, itu ruhnya akan bertemu dengan ruh-ruh dari yang sebelumnya mati, di langit,” sebutnya.

Di situ, kata Ustaz Kamrizal, ruh-ruh yang lebih dulu meninggal bertanya ke ruh yang baru meninggal tentang kabar seseorang yang masih hidup di dunia dan apa yang dilakukkannya.

Namun, ada kalanya ruh yang baru meninggal itu mengatakan bahwa seseorang yang ditanyakan kabarnya oleh ruh-ruh tersebut ternyata sudah lebih dulu meninggal, tetapi tidak bertemu dengan mereka.

Itulah ruh orang yang di dunia berbuat dosa. Ruhnya tidak bisa bertemu dengan ruh-ruh orang-orang baik yang berada di langit. “Reuni di langit ini kita semua juga menginginkan. Semoga nanti ketika kita meninggal, kita bisa bertemu,” ungkapnya.

Selain itu, bagi orang-orang beriman, reuni juga ada di surga. “Di dalam sebuah hadis sahih, dijelaskan, di surga, ada pasar setiap hari Jumat. Di situ, penduduk surga akan saling bertemu,” jelas Ustaz Kamrizal.

Pembicaraan mereka adalah amal saleh yang mereka lakukan di dunia, dan apa ganjaran yang diperolehnya di akhirat. Ini adalah salah satu kenikmatan surga.

Pengangkatan Karyawan Tetap

Selain taujih, juga dilaksanakan briefing bulanan YWAR. Pada kegiatan tersebut, juga dilaksanakan
pengangkatan 31 karyawan tetap YWAR.

Proses pengangkatan dilakukan secara seremonial melalui penyerahan surat keputusan oleh Ketua YWAR, UStaz Arwim kepada perwakilan ustaz/ustazah. [fru]