Senin, 06 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Pendaftaran PMB UIN SU Medan 2024 Dimulai, Ayo Jadi Bagian dari Kampus Moderat Kebanggaan Sumut.

Pendaftaran PMB UIN SU Medan 2024 Dimulai, Ayo Jadi Bagian dari Kampus Moderat Kebanggaan Sumut.

Medan, (UIN SU)
Rektor Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UIN SU) Medan Prof Dr Nurhayati, MAg melalui Wakil Rektor I Bidang Akademik Prof Dr Azhari Akmal Tarigan, MAg menyampaikan, pendaftaran penerimaan mahasiswa baru (PMB) dalam berbagai jalur untuk UIN SU Medan dibuka dengan kuota mahasiswa baru sebanyak 7.054 orang untuk tahun ajaran 2024/2025.

Prof Akmal di Medan, Kamis (25/1) menjelaskan, PMB UIN SU memiliki lima jalur. Yakni Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN PTKIN) 2024 dan Ujian Masuk PTKIN (UM PTKIN) 2024 dinaungi Kementerian Agama. Lalu Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2024 dan Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) 2024 dinaungi Kemendikbudristek serta jalur ujian mandiri yang dikelola internal kampus.

Dijelaskannya, pada PMB yang dinaungi Kemenag yakni SPAN dan UM PTKIN sudah diluncurkan awal Januari 2024 dengan berbagai mekanisme dan tahapan. SPAN PTKIN yakni seleksi non tes, tapi menggunakan nilai rapor dan dokumen pretasi siswa dari SMA/MA sederajat tamatan 2024 dimulai dari pendaftaran satuan pendidikan atau sekolah dan pendaftaran siswa. Jalur ini dibiayai Kemenag RI. Untuk UM PTKIN, seleksi dengan tes secara online dan onsite diikuti siswa SMA/MA sederajat tamatan 2024, 2023, 2022. Pendaftaran mandiri oleh peserta dengan biasa yang ditanggung peserta seleksi.

“Tujuan PMB ini yakni untuk menyelenggarakan tahapan dan proses seleksi calon mahasiswa baru yang digelar secara profesional, kredibel dan akuntabel. Dimaksudkan untuk mendapatkan input atau memperoleh calon mahasiswa baru di lingkungan PTKIN khususnya UIN SU yang berkualitas,” ujar Prof Akmal.

Untuk kuota, jelas Prof Akmal, dari 58 PTKIN dan satu PTN dengan jumlah 1.301 program studi, daya tampung untuk jalur SPAN PTKIN yakni 65.574 mahasiswa baru dan 85.692 untuk jalur UM PTKIN 2024 ini. Sementara untuk kuota di UIN SU, sebanyak 20 persen jalur SPAN, 40 persen jalur UM PTKIN dan 30 persen jalur mandiri. 10 Persen lainnya disesuaikan kebutuhan.

Ia merinci untuk kuota jalur SPAN PTKIN di UIN SU sejumlah 1.734, dan UM-PTKIN 2.479 . Selanjutnya tahapan pendaftaran satuan pendidikan (PDSS) pada 22 Januari-5 Februari 2024 melalui laman pdss.ac.id. Lalu tahap pendaftaran siswa pada 12 Februari-15 Maret diakses pada laman pdss.ptkin.ac.id dan pengumuman jalur seleksi prestasi ini pada 2 April mendatang. Informasi detail dapat dilihat di laman tersebut terkait pendaftaran sekolah dan pendaftaran peserta atau siswa. Prof Akmal menambahkan, pada jalur SPAN, peserta dibolehkan memilih dua perguruan tinggi dan dua prodi di tiap-tiap perguruan tinggi yang dipilih.

UM PTKIN . . .

Sub Koordinator Humas dan Informasi UIN SU Yunni Salma, MM menerangkan, untuk jalur UM PTKIN pendaftarannya dimulai pada 6 Mei-15 Juni 2024. Lalu uji coba UM PTKIN dengan sistem sistem seleksi elektronik (SSE) pada 21-22 Juni mendatang dan pelaksanaan UM PTKIN 2024 pada 24-27 Juni dan 1-4 Juli 2024. Pengumuman jalur ini pada 17 Juli mendatang, lalu tahap registrasi ulang di PTKIN masing-masing nantinya mengikuti jadwal yang ditentukan tiap kampus.

Persyaratan lainnya, jelas Yunni, peserta jalur UM yakni siswa SMA/MA/ SMK/pesantren lulusan 2022, 2023 dan 2024. Untuk angkatan 2022 dan 2023 wajib memiliki ijazah atau surat keterangan lulus. Sementara, lulusan 2024 wajib punya SKL, pengumuman lulus, KTP atau kartu pelajar. “Pada UM PTKIN 2024 ini tidak ada kelompok ujian dan pelaksanaan ujian dilaksanakan di PTKIN yang dipilih atau on site,” ujarnya.

Materi ujian pada jalur UM PTKIN, jelas Yunni, meliputi kompetensi penalaran matematika, penalaran akademik, literasi membaca dan literasi ajaran Islam. Untuk tahapan seleksi jalur ini yakni dimulai registrasi peserta melalui laman um.ptkin.ac.id untuk mendapatkan invoice pembayaran registrasi. Tahap dua, membayar biaya pendaftaran melalui bank yang ditetapkan sebesar Rp200 ribu.

Lalu tahap tiga, melanjutkan pendaftaran dengan memilih kampus dan program studi serta memilih titik lokasi ujian. Tahap empat mencetak kartu peserta dan terakhir yaitu mengikuti pelaksanaan ujian SSE UM PTKIN 2024 sesuai dengan jadwal dan tempat yang tertera pada kartu ujian dimiliki peserta.

Ada ratusan lokasi ujian seluruh Indonesia dan UIN SU Medan akan menyediakan sejumlah lokasi ujian di kampus-kampus UIN SU yang berada di Medan dan sekitarnya. Pada jalur ini juga tersedia sebanyak 42 program studi jenjang S-1 tersebar di delapan fakultas yakni FITK, FDK, FUSI, FSH, FEBI, FIS, FST dan FKM. Inovasi pada pelaksanaan UM PTKIN tahun ini yakni adanya aplikasi ujian ramah difabel, tersedia virtual helpdesk dan sistem ujian terintegrasi dengan PMB PTKIN dan BIB. “Sejalan tema PMB tahun ini, yakni Start to be smart, maka diharapkan dengan seleksi calon mahasiswa ini didapat generasi muda yang intelektual, bersosial, cakap emosional dan spiritual,” tandasnya.

Yunni menyampaikan, UIN SU menurut UniRank kini menempati peringkat kesembilan nasional sebagai kampus Islam terbaik di Indonesia. Selain itu, pada tahun lalu, khususnya dalam jalur UM PTKIN 2023, UIN SU Medan menempati posisi keenam sebagai kampus yang paling diminati seluruh Indonesia. Sebagai tanda kampus yang terus berkembang meningkatkan kualitas akademik dan pelayanannya.

“Terkait itu, kami mengajak seluruh masyarakat khususnya para pelajar di berbagai penjuru Indonesia, agar tertarik dan mau bergabung dengan UIN SU sebagai lembaga pendidikan tinggi Islam terpercaya. Untuk melanjutkan studi perguruan tinggi yang baik dengan nilai-nilai moderasi, unggul dan relevan dengan perkembangan zaman saat ini,” urai Yunni.

SNBP dan SNBT . . .

Yunni juga memaparkan, selain PMB jalur yang dinaungi Kemenag, UIN SU juga membuka seleksi jalur SNBP dan SNBT 2024 dengan rincian kuota SNBP sebanyak 735 orang dan SNBT 1.051 orang. Untuk jadwal SNBP 2024, dimulai pada 28 Desember 2023 untuk tahapan pengumuman kuota sekolah. Lalu masa sanggah kuota hingga 17 Januari 2024. Registrasi akun sekolah untuk SNPBM pada 8 Januari hingga 8 Februari 2024.

Untuk registrasi akun SNPBM siswa pada 8 Januari-15 Februari. Pengisian PDSS pada 9 Januari hingga 9 Februari. Pendaftaran SNBP bagi peserta pada 14-28 Februari mendatang dan pengumuman jalur ini dijadwalkan pada 26 Maret 2024.

Untuk jadwal Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) SNBT 2024 dimulai dari pendaftaran pada 21 Maret-5 April mendatang dan pelaksanaan ujian gelombang I pada 30 April, 2-7 Mei 2024. Pelaksanaan gelombang II pada 14-20 Mei dan pengumuman jalur ini pada 13 Juni 2024. Masa unduh sertifikat UTBK SNBT 2024 pada 17 Juni hingga 31 Juli 2024.

Untuk dua jalur yang dinaungi Kemendikbudristek ini tersedia 11 program studi jenjang S-1 dari 42 program studi yang bisa dipilih oleh para peserta seleksi. 11 prodi tersebut yakni prodi ilmu komunikasi dan ilmu perpustakaan di FIS, prodi manajemen di FEBI, prodi ilmu kesehatan masyarakat dan ilmu gizi di FKM. Lalu prodi hukum di FSH dan tersedia prodi biologi, fisika, ilmu komputer, matematika dan sistem informasi yang berkedudukan di FST.

Sejalan memasuki usia emas ke-50 tahun, UIN SU kini bertransformasi menjadi kampus berkualitas, dengan delapan fakultas yang semakin relevan dengan perkembangan zaman. Berbagai perubahan mewarnai perjalanan kampus yang dicintai masyarakat ini, kali ini mengusung dan memantapkan langkah menuju smart islamic university di bawah kepemimpinan baru. Berbagai prestasi didulang, tanda UIN SU Medan semakin berdaya siang di tengah era global saat ini. (Humas)