Sabtu, 27 April 2024
Sekolah Menengah Atas

Khataman Al Qur’an

Khataman Al Qur’an

Menggapai Kemuliaan dengan Menjadi Ahlul Qur’an

Ahad, 21 Januari 2024. SMAIT Abu Bakar Yogyakarta kembali menyelenggarakan khataman Al Qur’an. Mengusung tema “Menggapai Kemuliaan dengan Menjadi Ahlul Qur’an”, agenda khataman kali ini dilengkapi dengan taujih yang disampaikan oleh Syeikh Malik Bin Yahya Al Mujammir Al Hafidz dari Yaman.

Agenda khataman merupakan program rutin yang dilaksanakan secara berkala, ketika siswa menyelesaikan ziyadah hafalan 30 juz. Selain itu, agenda tersebut juga sebagai ungkapan rasa syukur sekaligus wisuda bagi empat siswa yang telah menyelesaikan ziyadah 30 juz.

Selain sebagai ungkapan syukur, agenda khataman tersebut diharapkan juga menjadi motivasi dan inspirasi bagi siswa yang lain. Hal ini selaras dengan visi SMAIT AbuBakar Yogyakarta : Melahirkan generasi pemimpin yang berakhlak mulia dan berwawasan global. Akhlak mulia yang diharapkan adalah akhlak Al-Qur’an sebagaimana akhlak Rasulullah sebagai “Al Qur’an berjalan”. Maka menjadi ahlul Qur’an adalah sebuah keniscayaan untuk menggapai visi tersebut.

Agenda khataman ini bukanlah kali pertama. Sebelumnya sudah sering dilakukan, tepatnya setiap ada siswa menyelesaikan ziyadah 30 juz. Pada kesempatan khataman kali ini, ada empat siswa yang telah menyelesaikan ziyadah 30 juz. Siswa tersebut yaitu:

  1. Najiha Syamila Haq XI IPA 4
  2. Hanum Nur Sakinah XII IPA 4
  3. Shabrina Annajah XII IPA 4
  4. Annisa Cahya Harum Putri Purnomo XII IPA 4

Selain dihadiri oleh empat siswa tersebut, agenda khataman juga menghadirkan siswa dan para guru serta wali siswa secara offline dan online melalui zoom meeting. Harapannya, seluruh pemirsa yang menyaksikan secara langsung bisa tersibghoh, terinspirasi untuk senantiasa dekat dengan Al Qur’an. Allahummarhamna bil Qur’an. Semoga Allah senantiasa merahmati kita dengan Al Qur’an.