Jumat, 17 Mei 2024
Sekolah Menengah Atas

Pelatihan Tenaga Kesehatan di SMAHA

Pelatihan Tenaga Kesehatan di SMAHA

Sabtu, 27 Januari 2024, SMAHA (SMA Islam Hidayatullah) mengadakan pelatihan tenaga kesehatan. Pelatihan tenaga kesehatan merupakan program yang diadakan untuk tenaga kesehatan sekolah, baik dari guru maupun peserta didik (anggota PMR SMAHA). Kegiatan ini bertujuan agar tenaga kesehatan sekolah mampu memberikan pertolongan pertama di lingkungan sekolah saat dibutuhkan, baik ketika di dalam ruangan maupun luar ruangan, seperti saat penyelenggaraan upacara, SMAHAFEST, serta acara lainnya.

Kak Bagus Surya dari PMI Kota Semarang memberikan simulasi pertolongan pertama.

Tema dari pelatihan ini adalah “Semangat Muda Menuju Generasi Sehat”. Ibu Sri Widayati S.Pd., selaku waka kesiswaan SMAHA memiliki harapan yang sejalan dengan tema pelatihan ini yaitu, “Saya berharap dengan adanya kegiatan ini kalian dapat mengasah kepekaan diri masing-masing untuk menjadi relawan kesehatan yang membangun generasi sehat,” tambah Ibu Wid.

Pelatihan ini tidak hanya dihadiri anggota PMR SMAHA namun, beberapa para guru SMAHA juga ikut hadir dalam pelatihan ini. Kak Bagus Surya dan kak Hafshah, perwakilan dari PMI Kota Semarang menjadi narasumber dalam pelatihan ini. Mereka memberikan materi, pengetahuan, dan keterampilan tentang pertolongan pertama dan perawatan keluarga.

 “Pelatihan tenaga kesehatan ini sangat bermanfaat karena dapat diterapkan ketika terjadi insiden.” tutur Alya Syafira, selaku wakil ketua organisasi PMR SMAHA.

“Pelatihan ini sangat memberi bekalan kepada tenaga kesehatan agar lebih terampil dan sigap saat ada yang membutuhkan pertolongan.” ujar Ibu Silmi Aulia, salah satu guru SMAHA.

Penulis: Cindy Permata Jati  (Kelas XI-3).

Editor : Annisa Erwindani, S.Pd. Guru SMA Islam Hidayatullah.