Jumat, 17 Mei 2024
Sekolah Menengah Atas

Memetik Sepucuk  Hikmah Kisah Perjalanan  Nabi Muhammad ﷺ

Memetik Sepucuk  Hikmah Kisah Perjalanan  Nabi Muhammad ﷺ

Isra’ Mi’raj merupakan salah satu peristiwa penting dalam sejarah umat Islam. Pasalnya, kejadian yang berlangsung pada 27 Rajab di tahun ke delapan kenabian ini mengisahkan peristiwa perjalanan suci Nabi Muhammadﷺ . Dilakukan dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa di Palestina, hingga naik ke Sidratul Muntaha di langit ke tujuh dalam satu malam. 

Untuk memperingati Isra Mi’raj, SMA Islam Hidayatullah (SMAHA) mengadakan kegiatan  yang dilaksanakan pada Senin, 12 Febuari 2023 / 2 Syaban 1445 H. Kegiatan yang digelar di aula  ini diikuti oleh seluruh siswa dan guru SMAHA.

Kegiatan yang digawangi oleh ROHIS ini mengangkat  tema “Memetik Sepucuk  Hikmah Kisah Perjalanan  Nabi Muhammad ﷺ”. Kegiatan diawali dengan pembacaan ayat suci Al Quran, saritilawah, serta sambutan. “Mari anak-anak, kita bersama-sama memetik hikmah dari peristiwa Isra Miraj untuk menambah keimanan kita. Peristiwa inu menyadarkan kita semua begitu besar kekuasaan Allah. Semoga kita bisa meneladani sifat Rasulullah”, ujar Etik Nungsih, S.Pd., kepala SMAHA.

Hibban, salah satu anggota Rohis berperan sebagai Malaikat Jibril.

Para talent Rohis memerankan kisah Nabi Muhammadﷺ, mulai dari beliau kehilangan istri dan pamannya, melakukan perjalanan dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa, perjalanan ke Sidratul Muntaha ke Arsy nya Allah, hingga menerima perintah sholat sebanyak 50 rakaat. Namun, Nabi Muhammadﷺ mendapatkan saran dari Nabi Musa untuk meminta keringanan kepada Allah. Akhirnya, Allah meringankan menjadi 5 rakaat. Hingga akhirnya Nabi Muhammadﷺ menerima. Kemudian beliau menjelaskan peristiwa tersebut kepada kaum Kafir Quraisy. Namun, mereka tidak percaya. Akan tetapi Allah memberikan jalan kepada Nabi Muhammad untuk meyakinkan para kaum tersebut untuk percaya. Pada akhirnya kaum Kafir Quraisy percaya dengan perkataan Nabi Muhammadﷺ dan meyakini benar adanya. 

Riuh suara tepuk tangan penonton terdengar serempak saat drama selesai. Kegiatan ini ditutup dengan sesi kuis. Salah satu siswa X-3 Pandan Kinanthi menyampaikan senang mengikuti kegiatan ini. “Keren sekali penampilan Rohis, Alhamdulillah melalui kegiatan ini dapat menambah keimanan saya”. Tambah Pandan.