Rabu, 08 Mei 2024
Sekolah Menengah Atas

PMO Level Sekolah: Penguatan Literasi Program Sekolah Penggerak SMA Muhammadiyah 1 Surakarta

Pada Hari Jum’at, 23 Pebruari 2024 mulai jam 12.30 WIB sampai selesai, SMA Muhamamdiyah 1 Surakarta melaksanakan PMO level sekolah dengan membahas isu tentang penguatan literasi di sekolah. Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah agar peserta memahami dan menemukenali miskonsepsi literasi; mampu merancang asesmen awal Pembelajaran; merancang strategi sekolah penguatan kecakapan literasi siswa; dan bekerjasama merancang program literasi sekolah.

Kegiatan diawali dengan sambutan dan pengarahan dari Ibu Kepala SMA Muhammadiyah 1 Surakarta, tentang pentingnya penguatan literasi sekolah, kemudian melakukan refleksi hasil supervisi akademik.

Pemaparan penguatan literasi selanjutnya disampaikan oleh narasumber BPB IKM, yaitu Ibu Siti Nur Jannah, S.Pd, M.M yang sekaligus sebagai koordinator komite pembelajaran sekolah. Dalam paparannya dijelaskan bagaimana pentingnya penguatan literasi sekolah. Alternatif pengembangan penguatan literasi sekolah yang kemungkinan bisa dilaksanakan di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta dan beberapa contoh perencanaan pembelajaran (Modul Ajar) yang berbasis literasi serta dipaparkan contoh-contoh asesmen berbasis literasi. Dengan harapan semua guru SMA Muhamamdiyah 1 Surakarta mampu merencanakan, melaksanakan dan melakukan asesmen pembelajaran berbasis literasi. Sebagai produk kegiatan PMO level sekolah dengan tema pengautan literasi, setiap guru diharapkan mengumpulkan 1 modul ajar berbasis literasi dan 2 contoh asesmen berbasis literasi.

 

Penulis: Siti Nurjannah

Editor: Ika Setiyani