Selasa, 30 April 2024
Perguruan Tinggi

Program Studi Biologi Dorong Peningkatan Soft dan Hard Skills Mahasiswa melalui Pembinaan Non-Akademik

Program Studi Biologi Dorong Peningkatan Soft dan Hard Skills Mahasiswa melalui Pembinaan Non-Akademik

 

Program Studi Biologi FST UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi terus melakukan pembinaan non-akademik kepada mahasiswa Biologi melalui peningkatan Soft dan Hard Skills dengan menyelenggarakan BIOTHA SERIES : Biopreneurship. Pembinaan non-akademik ini rutin dilakukan setiap bulannya untuk mengasah kemapuan mahasiswa dalam menghasilkan produk turunan dari ilmu biologi yang dipelajari diperkuliahan. Selain itu, kegiatan ini juga menunjang mata kuliah yang relevan seperti mata kuliah Biopreneuship.
Menurut Bayu Kurniawan, S.Si., M.Sc selaku Ketua Program Studi Biologi, Ia menyampaikan setelah kegiatan ini diharapkan mampu mensetimulus mahasiswa untuk terus aktif dalam melakukan apa yang sudah dipraktikkan terutama dalam pemanfaatan limbah organik. Kegiatan ini juga bertujuan untuk mengurangi limbah rumah tangga dengan menjadikan produk turunan yang memiliki nilai ekonomi dan menumbuhkan semangat Biopreneurship.

Pelatihan non-akademik yang telah dilakukan di Program Studi Biologi pada tahun 2024 yaitu BIOTHA SERIES dengan tema ”Biopreneuship : Training of Trainers Pemanfaatan Limbah Organik menjadi Magic Liquid dengan Pemateri Dosen Biologi (Aini Qomariah Manurung, M.Si)”, ”Biopreneurship : Pelatihan Pembuatan Sabun Lerak dengan Pemateri Dosen Biologi (Fevi Mawadhah Putri, M.Si).
Biopreneurship merupakan suatu pendekatan yang memadukan antara konsep pendekatan ilmu biologi dengan kewirausahaan. Program Biopreneurship yang diselenggarakan Program Studi Biologi ini diharapkan mampu memberikann kontribusi yang baik dalam proses pembelajaran atau dalam hal pemberdayaan dan mampu memberikan hasil positif terhadap peningkatan minat berwirausaha bagi Mahasiswa Biologi khususnya.