Selasa, 30 April 2024
Perguruan Tinggi

Rektor Hadiri Musyawarah Gugus Depan Gerakan Pramuka UIN STS Jambi

Rektor Hadiri Musyawarah Gugus Depan Gerakan Pramuka UIN STS Jambi

Humas UIN Sutha – Musyawarah Gugus Depan 02581-02582 Pangkalan UIN STS Jambi Tahun 2024 diselenggarakan dengan sukses, Kamis (4/04).
Acara ini dihadiri oleh para anggota Racana Gerakan Pramuka UIN Sulthan Thaha Saifuddin (STS) Jambi serta Ketua Kwartir Ranting Cabang Jambi luar kota, dekan/wakil dekan III, dan pembina Gugus Depan Gerakan Pramuka UIN STS Jambi.
Rektor UIN STS Jambi, Prof. Dr. As’ad, M.Pd, dalam sambutannya menekankan gerakan pramuka merupakan bagian dari pembangunan karakter mahasiswa.
“Kampus ini, tidak hanya menjadi pusat pendidikan, tetapi juga pusat kebudayaan dan pemikiran yang dinamis, sehingga dapat melahirkan inovasi baru dan mampu bersaing baik tingkat nasional maupun internasional,” katanya saat membuka Musyawarah Gugus di Amphitheater Wing C GCR.


Kegiatan Pramuka di tingkat perguruan tinggi, menurut Rektor, memiliki dampak positif yang besar. Oleh karena itu, dia mendorong agar gerakan pramuka UIN Jambi melakukan pendekatan yang lebih intensif untuk mengajak lebih banyak mahasiswa terlibat dalam kegiatan Pramuka. “Saya berharap gerakan Pramuka terus memberikan dedikasi dan prestasi bagi kampus, serta mengajak dan memperluas partisipasi dalam kegiatan Pramuka di lingkungan kampus,” ujar Rektor.
Dalam sambutannya, Kakak Drs. H. Mislan, M.Pd sebagai pembina Racana Gerakan Pramuka UIN Jambi, mewakili Ketua Kwartir Daerah Pramuka Jambi, menyampaikan apresiasi terhadap prestasi yang telah diraih oleh Gerakan Pramuka UIN Jambi. Dia mengungkapkan, bahwa Gerakan Pramuka UIN Jambi telah dikenal luas di kalangan masyarakat, terutama siswa SLTA/MA sederajat.
“Hal ini terbukti dari partisipasi yang tinggi dalam setiap kegiatan Lomba Susur Halang Rintang Pramuka (LSHRP), bahkan menjadi salah satu faktor yang memengaruhi sekitar 10 hingga 15% dari siswa yang berpartisipasi memilih untuk kuliah di UIN Jambi.
Musyawarah ini menjadi penting bagi Gerakan Pramuka UIN Jambi untuk mewujudkan ikatan yang kuat antara pembina dan anggota, serta merupakan langkah awal menuju tata kelola gugus depan yang lebih baik. (*)