Sabtu, 04 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Hasil Seleksi Talentscouting UI: 625 Calon Mahasiswa Baru Dari 15 Provinsi di Indonesia dan Dua dari Luar Negeri

Hasil Seleksi Talentscouting UI: 625 Calon Mahasiswa Baru Dari 15 Provinsi di Indonesia dan Dua dari Luar Negeri

Depok, 19 April 2024. “Universitas Indonesia (UI) sudah mengumumkan 625 calon mahasiswa baru yang lolos seleksi lewat jalur Talentscouting (TS) pada Rabu lalu (17/4). Tahun ini, total pendaftar berjumlah 1.577 peserta dari 354 sekolah yang diundang, atau lebih banyak dibandingkan tahun lalu yang berjumlah 1.437 peserta dari 353 sekolah. Secara keseluruhan calon mahasiswa baru yang diterima merupakan lulusan sekolah dari 15 provinsi di Indonesia dan dua sekolah dari luar negeri, yaitu Al Zhuhour School Sharjah, Uni Emirat Arab dan American School Dhahran, Arab Saudi,” kata Amelita Lusia M.Si., Kepala Biro Humas dan Keterbukaan Informasi Publik Universitas Indonesia (UI). Pengumuman hasil seleksi tersebut dapat dilihat melalui login laman peserta di https://penerimaan.ui.ac.id/ppkb.

Talentscouting merupakan program penerimaan mahasiswa baru berbasis prestasi akademik untuk siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) yang berkeinginan menempuh pendidikan global dengan lingkungan berbahasa Inggris di Sarjana Kelas Internasional UI. Program ini didukung oleh kerja sama dengan berbagai universitas mitra bertaraf internasional dan terakreditasi. Seleksi pada jalur Talentscouting dilakukan berdasarkan prestasi akademik (nilai rapor dan prestasi saat sekolah menangah atas) dan motivation letter. Khusus untuk Pendidikan Dokter dan Pendidikan Dokter Gigi terdapat seleksi lanjutan berupa tes Minnesota Multiphasic Personality Inventory (MMPI) dan Multiple Mini Interview (MMI).

Tahun ini, daya tampung seleksi jalur Talentscouting mengalami kenaikan dari tahun sebelumnya, yaitu 422. Penambahan daya tampung tersebut merupakan upaya untuk memberikan peluang lebih luas bagi para calon mahasiswa untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi, khususnya mereka yang ingin belajar dengan sistem kelas internasional. Dari seleksi jalur Talentscouting 2024, didapatkan program studi (prodi) yang paling banyak diminati oleh peserta adalah Pendidikan Dokter Kelas Internasional dengan jumlah 324 pendaftar.

Bagi calon mahasiswa yang dinyatakan diterima melalui jalur Talentscouting 2024, dapat segera melakukan daftar ulang yang terdiri atas Verifikasi Rapor, Pra-Registrasi, dan Pembayaran Biaya Pendidikan. Periode Verifikasi Rapor akan berlangsung dari 18 April 2024 sampai dengan 22 April 2024. Hasil verifikasi rapor akan diumumkan pada tanggal 23 April 2024 pukul 16.00 WIB.

Selanjutnya, bagi calon mahasiswa yang telah lolos verifikasi rapor akan memperoleh Nomor Pokok Mahasiswa (NPM) yang digunakan untuk melakukan Pra-Registrasi. Pra Registrasi dilakukan pada laman http://pra-registrasi.ui.ac.id/ yang akan berlangsung pada tanggal 23 April sampai dengan 1 Mei 2024. Kemudian, pembayaran biaya pendidikan dapat dilakukan sejak 1 Mei hingga 10 Mei 2024.