Rabu, 03 Juli 2024
Perguruan Tinggi

815 Wisudawan Umsida Pertama dengan Akreditasi Institusi Unggul

815 Wisudawan Umsida Pertama dengan Akreditasi Institusi Unggul

Umsida.ac.id – Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) menggelar prosesi wisuda ke-43 tahun akademik 2023-2024. Acara ini digelar di Auditorium KH Ahmad Dahlan, Sabtu pagi (29/06/2024).

Baca juga: Umsida Akan Laksanakan Wisuda ke-42 Sekaligus Launching Prodi Kedokteran Gigi

Wisuda ini terbagi menjadi dua sesi. Sesi pertama, Umsida mewisuda mahasiswa Fakultas Bisnis, Hukum, dan Ilmu Sosial (FBHIS) dan Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES). Sedangkan di sesi dua yang dimulai pada siang hari nanti, Umsida meluluskan mahasiswa dari Fakultas Agama Islam (FAI), Fakultas Sains dan Teknologi (FST), dan Fakultas Psikologi dan Ilmu Pendidikan (FPIP). 

Pada sesi pertama ini, Umsida meluluskan 401 mahasiswanya dengan rincian sebanyak 383 wisudawan dari FBHIS dan FIKES sebanyak 18 wisudawan. Lalu pada sesi kedua, Umsida mewisuda 120 lulusan FAI, 192 wisudawan dari FST, dan 102 dari FPIP.

Wisuda dengan akreditasi institusi unggul

wisuda ke-43 Umsida

Memulai acara, rektor Umsida, Dr Hidayatulloh MSi menyampaikan laporan wisuda. Ia mengatakan bahwa Umsida bisa mempercepat 2 tahun dari target yang ada di tonggak capaian (milestone) yang sudah direncanakan. 

Umsida memiliki lima tonggak capaian atau milestone yang berakhir pada international recognition. Pada saat ini, Umsida telah menempati pada tonggak capaian kedua yang ditargetkan akan tercapai pada tahun 2026. Pada posisi ini, Umsida berfokus pada national recognition. Tercapainya target ini ditandakan dengan akreditasi institusi unggul.

Dr Hidayatulloh mengatakan, “Alhamdulillah pada tanggal 19 Maret 2024 kemarin Umsida telah mendapatkan Surat Keputusan (SK) dari BAN-PT yang menerbitkan akreditasi unggul secara institusi. Kemudian dilihat dari capaian akreditasi program studi pun Umsida mengalami peningkatan dari tahun lalu,”.

Diketahui bahwa hingga bulan Juni 2024, dari 32 program studi yang ada, Umsida telah memiliki dua belas prodi yang terakreditasi unggul dan A. Lalu dua belas prodi terakreditasi baik sekali dan C, dan 2 prodi terakreditasi.

“Kami mohon doa restunya kepada bapak dan ibu sekalian. Saat ini tim akreditasi Umsida sedang mempersiapkan untuk mengajukan 7 program studi dengan target capaian terakreditasi unggul. Sehingga target kami sampai dengan akhir 2024, Umsida mempunyai 19 program studi yang terakreditasi unggul,” jelasnya.

Baca juga: Wisuda Ke-42, Rektor: Umsida Lakukan Percepatan Akreditasi

Dengan tercapainya target di tingkat nasional, Umsida terus melebarkan sayapnya ke kancah internasional. Hal tersebut ditandai dengan semakin banyaknya kerja sama yang terjadi antara Umsida dengan berbagai instansi dan institusi luar negeri. Saat ini, Umsida memiliki 20 kerja sama internasional di 9 negara, seperti Malaysia, Thailand, Jepang, Filiphina, Taiwan, Singapura, Australia, Uzbekistan, dan Tajikistan.

“Dengan meluasnya kerjasama itu, maka mahasiswa yang sempat belajar di Umsida baik penuh waktu maupun paruh waktu juga mengalami peningkatan. Sampai dengan akhir 2023, terdapat 170 mahasiswa asing dari 17 negara yang belajar di Umsida, baik itu dari negara tetangga seperti Timor Leste hingga Palestina, bahkan negara-negara dari benua lain, ” terang wakil ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur (PWM Jatim) tersebut.

Progres setelah terakreditasi unggul

wisuda ke-43 Umsida

Di akhir laporannya, Dr Hidayatulloh mengatakan bahwa dengan dicapainya akreditasi institusi unggul, Umsida sedang berproses untuk menambah 11 program studi baru. Saat ini yang sedang berproses adalah prodi kedokteran sehingga prodi ini ditargetkan akan buka di tahun akademik 2024-2025.

Selanjutnya, Umsida juga sedang mengajukan S2 Pendidikan Dasar Program Pascasarjana dan Pendidikan Profesi Guru (PPG), S2 Magister Inovasi Sistem dan Teknologi Program Pascasarjana.

Umsida juga sedang menyekolahkan beberapa dosen untuk persiapan pembukaan pendidikan profesi insinyur. Lalu juga persiapan S1 Data Science, S1 Elektromedik, S2 magister Administrasi Publik, S2 Ilmu Hukum, dan S1 Gizi. 11 prodi tersebut ditargetkan bisa mendapatkan izin dari kementerian pada tahun ini.

Baca juga: Dukung Pendidikan Anak Imigran, Umsida Kolaborasi dengan INTI International University

“Atas nama pimpinan Umsida, kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak dan Ibu atas kepercayaan kepada kami dalam mengantarkan adik-adik sampai mencapai gelar sarjana, diploma, dan pascasarjana. Semoga apa yang adik-adik dapatkan selama kuliah bisa bermanfaat dan memberikan peran yang signifikan di masyarakat untuk kemajuan umat, masyarakat, bangsa, dan negara,” tutup rektor yang .

Penulis: Romadhona S.