Rabu, 03 Juli 2024
Perguruan Tinggi

Tim PKM-PI Unimed Berikan Pendampingan Aplikasi Rehabiltasi Strata Perahu Berbasi AI kepada Mitra di Tanjungbalai

Tim PKM-PI Unimed Berikan Pendampingan Aplikasi Rehabiltasi Strata Perahu Berbasi AI kepada Mitra di Tanjungbalai

Mahasiswa Universitas Negeri Medan peraih pendanaan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Kemendikbudristekdikti tahun 2024 melakukan kegiatan rehabilitasi strata perahu menuju Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Tanjung Balai. Kegiatan dilaksankan di Sei Dua Hulu, kota Tanjungbalai. Mahasiswa Unimed yang melaksanakan kegiatan tergabung dalam Tim Program Kreativitas Mahasiswa dalam bidang Penerepan Iptek yang diketuai oleh Tiara Aurelia (Gizi), beserta anggota Rizki Agung Ramadhan (Ilmu Komputer), dan Edyma Tamba (Pendidikan Teknik Bangunan) dengan dosen pendamping Dr. Rita Juliani, M.Si.

Tiara Aurelia selaku ketua pelaksana mengatakan bahwa kegiatan PKM-PI rehabilitasi strata perahu bertujuan membantu mitra dalam mendeteksi kebocoran perahu yang terjadi pada strata lambung perahu berupa retak, robek. Mitra masih menggunakan cara manual yakni menggunakan insting sehingga waktu yang dibutuhkan lama dan terkadang tidak benar sehingga dibutuhkannya adanya media untuk mendeteksi kerusakan pada strata lambung perahu yang dilengkapi dengan catatan perawatan yang dilakukan untuk perahu. Kegiatan dimulai dengan pengenalan Aplikasi yang berisi Scan, History, Reminder, Cuaca, Kompas dan Jadwal Shalat. kemudian dilanjutkan dengan pendampingan pada mitra cara menggunakan dan mengaplikasikan.

Aplikasi Rehabilitasi Strata Perahu  menggunakan AI (Artifcial Inteligence) yang menerapkan Deep Learning dan Computer Vision mendeteksi tanda-tanda kerusakan seperti kebocoran dan keretakan. Data yang telah “belajar” menerapkan konsep Deep Learning lalu diintegrasikan menjadi Aplikasi Android dimanfaatkan untuk mendeteksi dimana letak kebocoran dengan memanfaatkan fitur Scan yang terdapat dalam aplikasi yang menampilkan hasil dengan realtime menunjukkan Perahu retak,  rusak, dan sehat.

Hal ini diharapkan dapat membantu dalam perbaikan dengan cepat dan efisien sehingga  mendukung peningkatan ekonomi mitra melalui jasa rehabilitasi strata perahu. Perahu yang sehat berdampak pada pertubumbuhan ekonomi di Tanjung Balai.

Dr. Rita Juliani, M.Si. selaku dosen pendamping mengatakan bahwa kegiatan rehabilitasi strata perahu menuju ZEE yang dilaksakan tim PKM-PI merupakan  kepedulian mahasiswa dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi mitra melalui penerapan iptek.

Dengan berlangsungnya kegiatan rehabilitasi strata perahu menuju ZEE di Tanjung Balai, Pak Amir Hamzah selaku mitra menyampaikan terima kasih kepada Tim PKM-PI yang sudah membantu dalam proses rehabilitasi perahu dengan cara mendeteksi kebocoran dan kerusakan perahu lebih cepat, mengingatkan konsumen untuk melakukan perawatan serta, terbantu dalam mencatat perawatan yang dilakukan untuk konsumen. Mitra berharap program ini dapat memberikan manfaat jangka panjang bagi khususnya bagi saya dan komsumen di Tanjung Balai.(Humas Unimed)