Kamis, 06 Oktober 2022
Perguruan Tinggi

TIPS LULUS TES WAWANCARA MASUK KULIAH

TIPS LULUS TES WAWANCARA MASUK KULIAH

Tes wawancara tidak boleh dianggap enteng. Apalagi jika Anda ingin mendaftar ke kampus impian. Untuk harapan penerimaan yang lebih tinggi, persiapan harus lebih dioptimalkan. Bagi mereka yang mempersiapkan tes wawancara perguruan tinggi , berikut adalah beberapa tips bermanfaat yang dapat Anda baca.

Caritah Contoh Pertanyaan dan Siapkan Jawaban Tes Wawancara

Tips tes wawancara yang pertama teman-teman dapat mempelajari apa yang harus ditanyakan dalam wawancara penerimaan perguruan tinggi dari alumni atau orang yang berpengalaman. Anda juga dapat mencari di Internet. Ada banyak sumber yang tersedia. Anda dapat dengan mudah menemukan sampel wawancara dalam bahasa Indonesia serta sampel ujian masuk perguruan tinggi dalam bahasa Inggris. Mengetahui daftar contoh pertanyaan akan membantu Anda mempersiapkan jawaban Anda sebelumnya. Anda dapat memiliki lebih banyak PD dan tidak bingung menjawabnya. Soal dan jawaban S2 dan S1 tidak berbeda nyata. Mungkin untuk program magister, konteks pertanyaannya lebih kompleks dan membutuhkan jawaban yang lebih berat. Tetapi pada prinsipnya mereka sebenarnya adalah hal yang sama. Pewawancara ingin tahu tentang Anda.

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang mungkin muncul mengenai kepribadian Anda:

  • Siapa anda?
  • Silakan perkenalkan diri Anda! (identitas, status perkawinan, pendidikan, minat, bakat, dll.)
  • Apa tujuan hidup Anda?
  • Apa pencapaian atau pencapaian Anda selama ini?
  • Apa kekuatan dan kelemahan Anda? (ini mungkin ada hubungannya dengan keterampilan dan kepribadian atau sikap)
  • Karakter apa yang menginspirasi Anda?
  • Katakan! Apa hobimu?
  • Apa yang biasanya kamu lakukan di waktu senggang?
  • Bagaimana Anda melihat diri Anda 10 tahun dari sekarang? dll.

Baca Juga : BE POSITIVE DAN BERSYUKUR! INILAH TIPS SUPAYA TETAP OPTIMIS

Selain itu, pewawancara biasanya akan mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan bidang keahlian Anda, kuliah, dll. Di bawah ini adalah daftar pertanyaan yang mungkin muncul.

  • Bagaimana Anda mengetahui kampus ini?
  • Mengapa Anda tertarik untuk melamar ke kampus ini dan khusus untuk peminatan ini?
  • Apa yang Anda ketahui tentang proses ini?
  • Mengapa mengambil kursus ini?
  • Beri tahu saya betapa menariknya Anda! Apa yang ingin Anda pelajari dalam kursus ini?
  • Pekerjaan apa yang ingin Anda lakukan setelah lulus dari jurusan ini?

Sekarang setelah Anda memiliki garis besar tentang apa yang akan Anda tanyakan, siapkan jawaban yang sesuai Ya!

Persiapkan Jawaban Anda. ApabilaPerlu, Ditulis!

Tips tes wawancara selanjutya adalah pastikan jawaban yang Anda siapkan tidak terlalu panjang, tidak terlalu sederhana, dan sesuai dengan yang Anda tanyakan. Anda dapat menanyakan tentang kampus dan jurusan terlebih dahulu. Pastikan semua pernyataan yang Anda buat tidak sembarangan. Jawablah dengan jujur ​​dan jangan mengarang. Merupakan ide yang baik untuk menuliskan jawaban atas setiap pertanyaan yang mungkin Anda miliki. Anda dapat membuat kalimat yang tepat dan sesuai saat menyusun jawaban Anda. Anda juga bisa menulis jawaban yang lebih ringkas. Persiapan rekaman untuk tanggapan juga dapat dibuat mudah diingat.

Melakukan Persiapan Dasar Sebelum Wawancara

Tips tes wawancara kuliah ini mungkin terdengar klise. Namun, hal ini tetap penting untuk diperhatikan. Sebelum Anda memulai wawancara, buatlah beberapa persiapan dasar. Pertama, berdoa dan meminta restu dari orang tua agar perjalanan berjalan lancar. Jangan lupa sarapan, terutama jika Anda memiliki maag. Anda mungkin ingin membawa sekantong roti jika wawancara panjang dan berakhir pada siang hari. Wawancara Puasa Dapat Mengganggu Konsentrasi Perut saya penuh dan pikiran saya tentu saja jauh lebih tenang. Pinterest tidak menginginkannya dan suara mencicit keluar dari kapal selama wawancara. Pinter juga harus memperhatikan penampilan mereka selama wawancara. Pilih pakaian paling rapi di lemari Anda. Kalau ada peraturan kampus tinggal ditaati dan tidak perlu berlebihan. Setrika juga pakaian Anda agar tidak kusut. Disarankan untuk memotong rambut Anda sebelum wawancara. Jika Anda sangat menyukai rambut panjang, sisirlah dengan lembut. Anda juga harus terlihat baik. Gunakan deodoran dan parfum secukupnya. Jangan biarkan pewawancara membuat kesan buruk pada Anda karena bau badan Anda. Perhatikan juga jadwal peregangan Anda. Disarankan untuk membawa pembersih, deodoran, parfum dan sikat rambut. Jadi meski wawancara tertunda, penampilan Anda akan tetap terjaga.

Usahakan Datang Sebelum Jam yang Ditentukan

Cobalah untuk tidak terlalu ketat pada jadwal Anda. Belum lagi terlambat, bagus! Setidaknya 1530 menit sebelum wawancara yang dijadwalkan. Jika Anda tiba lebih awal dari waktu yang dijadwalkan, Anda dapat yakin bahwa Anda tidak akan terburu-buru. Anda mungkin memiliki lebih banyak waktu untuk bersantai dan memperkuat persiapan Anda.

Tunjukan Gestur Positif Saat Proses Wawancara

Beberapa gestur yang dapat kamu terapkan:

– Senyum menunjukkan keramahan dan kesan ramah. Senyum Anda dapat memancarkan energi positif. Tetap tersenyum bahkan ketika pewawancara membuat wajah pahit

– Kontak Mata, saat Anda berbicara dengan seseorang, pasti lebih nyaman jika mereka menatap mata Anda. Kontak mata adalah tanda rasa hormat dan ketertarikan. Kontak mata tidak boleh terlalu kasar atau buram. Lakukan dengan elegan.Jangan membuat gerakan lambat bahkan jika Anda lelah.

– Jawab pertanyaan dengan percaya diri Jawab pertanyaan dengan percaya diri.

– Persingkat “dan-dan-dan” setiap kali Anda mengatakannya. Tetap relevan dengan menjawab pertanyaan.

– Tidak perlu membual dan mengatakan hal-hal yang tidak perlu.