Jumat, 10 Mei 2024
Perguruan Tinggi

UNIMED Gelar MTQ dan MKQ Tingkat Universitas

UNIMED Gelar MTQ dan MKQ Tingkat Universitas

Musabaqah Tilawatil Qur’an merupakan wujud keinginan kuat untuk membumikan ajaran Al-Qur’an serta menegakkan syiar Islam. Selain itu, MTQ diyakini dapat memperkokoh nilai-nilai agama dalam kehidupan sehari-hari. Untuk itu Universitas Negeri medan mengadakan seleksi MTQ dan MKQ Nasional Tingkat Universitas pada 06 oktober 2021 secara daring.

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Rektor Unimed Dr. Syamsul Gultom, SKM., M.Kes., Ketua Senat Unimed dan dihadiri oleh seluruh Wakil rektor, Dekan dan Wakil Dekan di Lingkungan Unimed, Direktur Pps, Ketua Lembaga, Ketua Panitia, Dewan Juri serta peserta MTQ dan MKQ tingkat Unimed.

Dalam sambutannya saat membuka kegiatan Rektor Dr. Syamsul Gultom, SKM., M.Kes mengatakan Kegiatan yang kita ikuti bersama ini merupakan kegiatan tahunan yang kita laksanakan di kampus Unimed ini. Tujuannya adalah mencari bakat-bakat mahasiswa yang mahir dan berprestasi dalam Membaca Al Qur’an dan Tafsirnya, serta Tulis Indah Ayat Al Qur’an. Dan hasil dari kegiatan ini akan mewakili Unimed pada event MTQ dan MKQ tingkat nasional.

Lanjut Rektor, Oleh karena itu mari kita ikuti dengan sungguh-sungguh dan objektif. Kami harapkan panitia dan dewan juri dapat melaksanakan amanahnya dengan objektif dan sebaik mungkin. Kita berharap siapa pun yang juara nantinya itulah yang terbaik di tingkat Unimed dan harus siap mewakili Unimed pada event nasional tersebut. Kami pimpinan Unimed siap memberikan dukungan moril dan materil kepada semua mahasiswa terutama dalam event MTQ dan MKQ untuk mengikuti dan semoga bias juara membawa nama baik Unimed di kanca nasional.

Irwansyah Siregar, M.Pd selaku Ketua Panitia MTQ dan MKQ tingkat Universitas mengatakan kegiatan MTQ dan MKQ ini diikuti oleh 46 orang peserta yang merupakan juara di fakultasnya masing-masing dan selanjutnya akan menjadi perwakilan dari 7 fakultas di lingkungan Unimed. MTQ dan MKQ ini akan mempertandingkan 4 cabang perlombaan yaitu Tilawah (melantunkan ayat-ayat suci dengan berbagai irama), Tratil (membaca ayat-ayat suci secara baik dan benar), Hifzil (menghapal ayat-ayat Alquran) dan Kaligrafi (menulis, melukis, dan mewarnai ayat-ayat Alquran).

Adapun nama-nama pemenang pada tiap kategori perlombaan ialah Tilawah Al Qur’an putra juara I Raihan Darry Berutu dari Pendidikan Teknik Bangunan FT, juara II M Rizki Fadli dari PGSD FIP, juara III Zainul Anwar dari Pendidikan Bahasa Inggris FBS. Kategori Tilawah Al Qur’an putri juara I Anggraini dari Pendidikan Bahasa Inggris FBS, juara II Syifa Khairunnisa dari Billingual Fisika FMIPA, juara III Salsabila Fitri dari Akuntasi FE.

Kategori Tartil Al Qur’an putra juara I M Syukri dari Bimbingan Konseling FIP, juara II Fajar Maulana dari Pendidikan Matematika FMIPA, juara III Zainul Anwar dari Bahasa Inggris FBS. Kategori Tartil Al Qur’an putri juara I Ayang Sari dari Bahasa Indonesia FBS, juara II Luthfiah dari PGSD FIP, juara III Syifa Khairunnisa dari Billingual Fisika FMIPA.

Kategori Hafizh 5 Juz putra juara I Asrul dari Pendidikan Fisika FMIPA, juara II Roy Ananda dari PJKR FIK, juara III M Al Farhan dari PPKn FIS. Kategori Hafizh 5 Juz putri juara I Muhadira Utami dari Billingual Biologi FMIPA, juara II Nur Salimah Siregar dari PGSD FIP, juara III Leila Erra Fazira Tamba dari Manajemen FE.

Kategori Khot Kontemporer Putra juara I Faruq Sauqi Ismail dari FE dan juara II Deni Septian dari FIP. Kategori Khot Kontemporer Putri juara I Putri Khairiyah dari FMIPA, juara II Ayu Astriani dari FBS, juara III Karina Safitri Lubis dari FE.