Senin, 20 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Satu-Satunya di Indonesia, Angkatan Pertama D3 Kebandarudaraan FEB Unram di Wisuda

Satu-Satunya di Indonesia, Angkatan Pertama D3 Kebandarudaraan FEB Unram di Wisuda

Mataram, Universitas Mataram – Sebanyak 1.216 lulusan Universitas Mataram (Unram) di wisuda pada periode Juni 2022, Rabu dan Kamis (20-21/7). 29 orang diantaranya merupakan mahasiswa jurusan D3 Kebandarudaraan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) dan semuanya berhasil lulus dengan predikat Cumlaude.

Adinda Astrid Aulia yang akrab disapa Dinda, salah satu lulusan D3 Kebandarudaraan dengan nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tertinggi yakni 3,98. Wanita kelahiran Surakarta, 21 Maret 2000 itu menyatakan bahwa hal ini diraihnya sebagai persembahan untuk kedua orang tua dan untuk pembimbing yang ada di asrama. Dinda berhasil menjadi mahasiswa D3 Kebandarudaraan melalui program beasiswa kerjasama antara UNRAM dan PT. Angkasa Pura I. Program ini dibuka untuk seluruh Indonesia dan mahasiswanya difasilitasi segala kebutuhan dari awal hingga akhir pendidikan. Tak lupa pula Dinda menghaturkan ucapan syukur dan terima kasih kepada Unram dan PT. Angkasa Pura I yang telah memberikan beasiswa kepadanya dan teman-teman.

Dinda juga memaparkan bahwa seluruh mahasiswa yang mendapatkan program beasiswa kerjasama Unram dan PT. Angkasa Pura I akan tetap diseleksi kembali oleh PT. Angkasa Pura melalui seleksi jalur khusus. Artinya, PT. Angkasa Pura I akan menerima jalur penerimaan khusus dari Lulusan D3 Kebandarudaran FEB Unram.

“Semoga program ini dapat terus berlanjut agar di luar sana banyak mahasiswa-mahasiswi yang beruntung bisa mengenyam pendidikan melalui program beasiswa ini,” harap Dinda.

M. Arifin Firdaus, Direktur Personalia dan Umum Angkasa Pura I menjelaskan bahwa PT. Angkasa Pura I melalui program tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) bekerjasama dengan FEB Unram mulai tahun 2019 sampai dengan saat ini untuk menyelenggarakan program beasiswa D3 bidang studi pariwisata konsentrasi Kebandarudaraan.

“Program ini merupakan satu-satunya program Diploma 3 yang ada di Indonesia yang menggabungkan pariwisata dan kebandarudaraan menjadi satu-kesatuan yang tidak terpisahkan. Dalam pelaksanaan program tersebut, para mahasiswa tidak saja dibekali dengan materi pariwisata dan kebandarudaraan, melainkan juga para mahasiswa dibekali kompetensi yang memadai baik disisi pengetahuan, keterampilan, sikap dalam bidang pelayanan, komunikasi, Bahasa Inggris oleh dosen-dosen terbaik Unram dan profesional,” terang Arifin.

Direktur Personalia dan Umum Angkasa Pura I berharap dengan ketatnya persaingan di masa kini, para wisudawan/wisudawati memiliki kompetensi yang dapat diandalkan. Dan apa yang telah diperoleh di bangku kuliah menjadi bekal bagi para wisudawan/wisudawati dalam berpikir, bertindak, dan berprilaku di masa yang akan datang.