Senin, 20 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Rektor Unram Tegaskan Pentingnya Kemampuan Komunikasi di Acara ICCS dan Kongres ASPIKOM

Rektor Unram Tegaskan Pentingnya Kemampuan Komunikasi di Acara ICCS dan Kongres ASPIKOM

Mataram, Universitas Mataram – Rektor Universitas memberikan sambutan dalam acara 2nd International Conference on Communication Science (ICCS) dan Kongres Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komunikasi (ASPIKOM) di Hotel Lombok Raya, 21 Juli 2022.

ASPIKOM bekerja sama dengan Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Mataram (Unram) menyelenggarakan ICCS dengan topik “Strategic Communication in The Era of Data-Based, Advanced Technology and Environmental Crises” pada Rabu – Kamis (20-21/7) yang dilanjutkan dengan Kongres ASPIKOM yang ke-6 pada Jumat – Sabtu (22-23/7).

Dalam ICCS kali ini terdapat 5 pembicara yakni Boy Kelana Soebroto, Ketua Perhumas (Head of Corporate Communication Astra – Indonesia); Dr. Franzisca Weder (University of Queensland Australia); Assoc Prof. Zulhamri Abdullah (University Putra Malaysia); Aghnia Adzkia (East Asia Visual and Data Journalist of BBC); dan Prof. D.V.R Murthy (Andhra University, India).

2nd ICCS digelar sebagai wadah bagi para peserta untuk berbagi dan berbaur dengan para sarjana Komunikasi serta praktisi profesional, tidak hanya dari Indonesia tetapi juga dari negara lain. Fokus ICCS kali ini adalah mengingatkan untuk berkontribusi lebih banyak selama pandemi dengan cara yang kreatif. 2nd ICCS diikuti oleh 300 partisipan dengan 207 paper.

Prof. Ir. Bambang Hari Kusumo, M.Agr.St., Ph.D. selaku Rektor Unram menyampaikan kebanggaannya dan optimisme mengenai bidang keilmuan ilmu komunikasi dalam konferensi yang diselenggarakan. Ia menekankan bahwa skill berkomunikasi merupakan salah satu ilmu terpenting selain matematika, ilmu pengetahuan alam, dan kedokteran.

“Skill dalam berkomunikasi akan sangat dibutuhkan dan menjadi skill yang penting untuk dipelajari. Sekarang ilmu komunikasi adalah salah satu jurusan yang sangat diminati, sehingga di Unram sendiri sangat ketat persaingannya bagi calon mahasiswa untuk masuk ke Prodi Ilmu Komunikasi. Tahun ini kapasitas mahasiswa yang diterima Prodi Ilmu Komunikasi 125 orang, tapi yang mendaftar sekitar 900 orang,” ujar Prof. Bambang.

Menanggapi banyaknya peminat Prodi Ilmu Komunikasi, Rektor Unram akan berusaha meningkatkan kapasitas mahasiswa serta dosen di Prodi Ilmu Komunikasi Unram. Ia juga menyebutkan skill berkomunikasi yang baik harus dimiliki oleh setiap orang. Karena akan sangat berguna diberbagai aspek kehidupan maupun pekerjaan. Guru Besar Fakultas Pertanian itu berharap agar dengan diselenggarakannya 2ns ICCS dan Kongres ASPIKOM ke-6 dapat memberikan manfaat bagi perkembangan dan kemajuan ilmu komunikasi.

Dalam acara tersebut juga terdapat penandatanganan MoU oleh Rektor Universitas Mataram dengan Rektor Universitas Islam Riau dan Rektor Universitas Jendral Soedirman.