Sabtu, 27 April 2024
Perguruan Tinggi

PKKMB UNTAN 2022 BERJALAN LANCAR

PKKMB UNTAN 2022 BERJALAN LANCAR

Kegiatan pembukaan Pengenalan kehidupan Kampus bagi mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Tanjungpura (UNTAN)  dilaksanakan dengan secara langsung di Halaman Gedung Rektorat UNTAN. Pelaksanaan dilakukan secara live streaming via youtube channel Universitas Tanjungpura dengan tema PKKMB Tahun 2022 adalah “KAMPUS MERDEKA: Memantik Growth-Mindset Generasi Penerus Bangsa”.

Secara keseluruhan, rangkaian kegiatan PKKMB dilaksanakan selama 4 hari, dari tanggal 8 s/d 11 Agustus 2022, dengan menitikberatkan tentang: (1) kehidupan berbangsa, bernegara, dan pembinaan kesadaran bela negara; (2) Sistem Pendidikan Tinggi di Indonesia; (3) UNTAN Green Campus, K3, dan Kampus Sehat; (4) Perguruan Tinggi di Era Revolusi Industri 4,0 dan Kehidupan Kampus pada Masa Pendemi; (5) Kesadaran lingkungan hidup, manajemen resiko, dan kampus sehat; serta (6) pengembangan karakter mahasiswa agar mempunyai sikap sebagai intelektual dan anti kekerasan (anti perundungan).

kegiatan PKKMB Fakultas Hukum UNTAN

mahasiswa baru yang diterima UNTAN pada tahun ini berjumlah 7.024 mahasiswa untuk 9 Fakultas dari keseluruhan alokasi penerimaan, dengan rincian: (1) Fakultas Hukum: 643 orang; (2) FEB: 1.171 orang; (3) Fakultas Pertanian: 727 orang; (4) Fakultas Teknik: 762 orang; (5) FISIP: 958 orang; (6) FKIP: 1.228 orang; (7) Fakultas Kehutanan: 464 orang; (8) FMIPA: 611 orang; & (9) Fakultas Kedokteran: 469 orang.

Rektor UNTAN, Prof. Dr. Garuda Wiko, S.H., M.Si mengajak Mahasiswa baru untuk bersyukur kehadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa, karena atas limpahan kasih dan sayang-Nya sehingga kita berada dalam keadaan sehat wal’afiat dan dapat mengikuti Upacara Pembukaan Penyambutan Mahasiswa Baru Universitas Tanjungpura dalam Rangkaian Kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Tahun 2022.

Kegiatan PKKMB FKIP UNTAN

“Saya ingin menyampaikan ucapan selamat bergabung kepada seluruh mahasiswa baru Untan Tahun Akademik 2022/2023. Tentunya mulai saat ini saudara-saudara telah sampai pada suatu titik dimana seluruh kemampuan dan energi yang ada akan difokuskan pada kegiatan-kegiatan akademik dan pembentukan karakter yang sesuai dengan posisi Perguruan Tinggi sebagai Lembaga strategis yang akan menghasilkan sumber daya manusia yang akan menjadi pengendali dan penentu perjalanan dan kejayaan NKRI yang sama-sama kita cintai”, ungkapnya.

Prof Garuda Wiko berharap mahasiswa mampu memiliki Growth Mindset, yaitu pola pikir yang berkeyakinan bahwa kemampuan dasar yang dimiliki oleh individu itu dapat terus berkembang melalui kerja keras, dedikasi dan komitmen penuh untuk terus berkembang menjadi seorang pembelajar. Hindari cara berpikir yang meyakini bahwa kemampuan seseorang itu akan sangat dibatasi oleh bakatnya secara natural dan tidak mungkin dikembangkan melebihi apa yang telah dimiliki.

Ia menyampaikann Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang diinisiasi oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Mas Nadiem Anwar Makarim, merupakan Program strategis mempersiapkan Mahasiswa untuk menguasai pengetahuan dan keterampilan yang relevan, dan sekaligus memiliki the future skills sebagai media beradaptasi dengan dunia baru yang membawa berbagai mega risiko dan issue utama di bidang Kesehatan Global, Climate Change dan Transisi menuju Green Energy.

Kegiatan PKKMB FISIP UNTAN