Selasa, 21 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Dosen FIK UNIMED Tingkatkan Kualitas Media Pembelajaran Bagi MGMP PJOK Kab. Serdang Bedagai

Dosen FIK UNIMED Tingkatkan Kualitas Media Pembelajaran Bagi MGMP PJOK Kab. Serdang Bedagai

Dosen FIK Universitas Negeri Medan bersama 2 mahasiswa prodi PKO melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Kec. Pantai Cermin Kab. Serdang Bedagai (Sergei) tentang implementasi TPACK dalam pembelajaran PJOK dengan judul “Peningkatan Kualitas Perancangan Media Pembelajaran PJOK Berbasis Multimedia Di Era Pandemi Covid-19 Babgi MGMP Kab. Serdang Bedagai”.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh kepala sekolah SMKN 1 Pantai Cermin yaitu Sunarto, S.Pd., M.Si. Pada sambutannya Sunarto sangat mengapresiasi kegiatan ini sekaligus merasa bangga karena sekolah beliau sebagai tempat pelatihan. Kepsek juga menegaskan karena masih masa pandemi Civid selama kegiatan harus menjaga protokol kesehatan secara ketat. “Kami berharap kiranya dapat dilakukan kegiatan lain bersama Unimed untuk membantu memecahkan masalah pembelajaran tidak hanya di bidang PJOK melainkan bidang mapel lainnya,” kata Sunarto.

Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 kali pertemuan, diawali dengan pengenalan macam-macam media pembelajaran, jenis, manfaat dan kegunaan dalam pembelajaran PJOK melalui kagiatan seminar. Kemudian dilanjutkan dengan perancangan media pembelajaran berbasis multimedia bidang PJOK melalui kegiatan workshop dan diakhiri presentase hasil kerja rancangan multimedia yang sekaligus dilakukan peer teaching.

Ketua PkM Dr. Imran Akhmad, M.Pd mengatakan bahwa alasan mengapa kegiatan ini penting karena saat ini pembelajaran dilakukan secara daring. Material dasar adalah media berbasis audiovisual atau multimeda. Sebahagian besar guru PJOK memiliki keterbatasan keterampilan dalam merancang media pembelajaran berbasis multimedia yang dipergunakan dalam pembelajaran PJOK. Artinya bahwa multimedia menjadi salah satu penentu kesuksesan pembelajaran daring atau dengan kata lain potensi kegagalan pembelajaran PJOK cukup besar ketika mengabaikan multimedia sebagi media pembelajaran.

Kegiatan ini diketuai oleh Dr. Imran Akhmad, M.Pd., dan beranggotakan Drs. Suharjo, M.Pd, Dr. Rahma Dewi, M.Pd., Dr. Afri Tantri, M.Pd. dan dua orang mahasiswa FIK Unimed.(Humas Unimed/zr)