Selasa, 21 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Dosen PG-PAUD FIP UNIMED  Beri Pendampingan Guru Penggunaan Alat Permainan Edukatif di TK Salsa

Dosen PG-PAUD FIP UNIMED  Beri Pendampingan Guru Penggunaan Alat Permainan Edukatif di TK Salsa

Dosen PG-PAUD Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Medan (Unimed) menyelenggarakan Pengabdian Masyarakat. Kegiatan itu dilaksanakan oleh Anada Leo Virganta M.Pd, Kamtini S.Pd., M.Pd, dan Maya Novitri M.Hum. Pengabdian masyarakat ini dilakukan di TK Salsa Desa Cinta Rakyat Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang. Pengabdian masyarakat ini berbentuk pendampingan kepada guru dalam penggunaan alat permainan edukatif Magic BABO yang sesuai untuk menstimulus enam aspek perkembangan anak di TK Salsa. Meskipun dalam situasi Pandemi Covid-19, kegiatan pengabdian ini tetap berjalan dengan mematuhi protocol kesehatan.

Dari hasil observasi yang dilakukan di TK Salsa Desa Cinta Rakyat Kecamatan Percut Sei Tuan Deli Serdang ditemukan permasalahan pokok yang menjadi acuan utama dalam pengabdian yaitu kenyataan yang dihadapi di lapangan, guru belum menerapkan penggunaan media ataupun Alat Permainan Edukatif (APE) disetiap proses pembelajaran. Dalam hal lain, sekolah tidak memiliki cukup dana untuk mengadakan pendampingan secara khusus bagi guru-guru agar permasalahan ini dapat teratasi. Atas dasar inilah, tim pengabdi merasa sangat perlu untuk melaksanakan Pendampingan Penggunaan APE Magic BABO (Balok Book) Pada Guru TK Salsa Desa Cinta Rakyat Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang.

Persiapan kegiatan pengabdian ini dilakukan mulai bulan Juni 2021, dengan beberapa rangkaian kegiatan sebagai berikut: Pertemuan tim pengabdi dengan kepala sekolah dan guru-guru TK SALSA secara tatap muka dengan tetap mematuhi protocol kesehatan. Melalui pertemuan ini diperoleh hasil fokus masalah guru yang akan diselesaikan yaitu mendampingi guru dalam penggunaan alat permainan edukatif berbasis enam aspek perkembangan anak dan membuat asesmen untuk anak. Persiapan dokumen/surat izin dari LPPM Unimed untuk proses pelaksanaan pengabdian. Kemudian penyusunan jadwal pertemuan.

Pendampingan diawali dengan pemaparan materi sekaligus pembukaan kegiatan yang dilakukan pada tanggal 6 Agustus 2021 di ruang tamu TK Salsa. Kegiatan ini dihadiri oleh 12 Guru TK Salsa yang mewakili dari setiap kelas pagi dan kelas siang. Pada kegiatan ini tim pengabdi memaparkan materi tentang manfaat penggunaan alat permainan eduktif dalam pembelajaran serta pentingnya kemampunan guru dalam memberikan asesmen perkembangan anak.

Melalui pemaparan materi yang disampaikan oleh tim pengabdi, guru-guru di TK Salsa juga didampingi oleh tim pengabdi dalam menjalankan atau penggunaan alat permainan edukatif kepada anak-anak. Melalui kegiatan ini guru-guru di TK Salsa dapat memahami cara penggunaan alat permainan edukatif berbasis enam aspek perkembangan anak.

Selanjutnya pelaksanaan pendampingan penyusunan asesmen dilakukan pada tanggal 7 Agustus 2021 di ruang tamu TK Salsa. Kegiatan ini dihadiri oleh 3 Guru TK Salsa yang sebelumnya telah mengikuti workshop/pendampingan dalam penggunan APE Magic Babo. Guru-guru tersebut telah ditentukan untuk melakukan Real Teaching di dalam kelas sebagai implementasi penggunaan media alat permainan anak.

Pada tahap evaluasi dilakukan pemaparan singkat pada setiap guru yang mengajar dikelas terhadap asesmen yang telah disediakan oleh tim pengabdi. Pada pertemuan kegiatan ini guru-guru di TK Salsa dengan didampingi oleh tim pengabdi akan melakukan real teaching untuk mengimplementasikan hasil dari kegiatan pendampingan yang telah dilakukan. Real teaching di dalam kelas dilakukan pada tanggal 7 Agustus 2021.

Setelah tim pengabdi mendampingi guru-guru dalam mengajar dengan meggunakan alat permainan edukatif “Magic BaBo” yang telah disediakan, tim pengabdi juga memberikan sedikit pemahaman tentang asesmen terhadap anak. Kemudia para guru mengisi asesmen tersebut sesuai dengan kemampuan anak setelah bermain “Magic Babo”.

Adapun hasil pendampingan ini bersifat moril berupa peningkatan keterampilan guru dalam menggunakan APE Magic BABO, peningkatan pengetahuan guru dalam menyusun asesmen berbasis enam aspek perkembangan anak, hasil yang bersifat fisik adalah adanya APE Magic BABO berbasis enam aspek perkembangan anak usia dini yang dapat digunakan oleh guru di dalam pelaksanaan pembelajaran. (Humas Unimed/eo)