Selasa, 21 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Tingkatkan Pengawasan, Senat UNIMAL Benchmarking ke Senat UNIMED

Tingkatkan Pengawasan, Senat UNIMAL Benchmarking ke Senat UNIMED

Senat Universitas Negeri Medan menerima kunjungan untuk studi banding dari Senat Universitas Malikussaleh (Unimal) Lhokseumawe, pada Selasa (19/10). Kunjungan tersebut disambut hangat oleh Ketua Senat Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd., didampingi Sekretaris Senat Dr. Winsyahputra Ritonga, M.Si. dan Anggota Senat Dr. Darwin, M.Pd, dan Dr. M. Surip, S.Pd., M.Si. di ruang rapat Senat Unimed Lt. 1 Biro Rektor.

Senat Universitas Malikussaleh yang hadir benchmark antara lain : Alfian, S.Hi., MA sekretaris Senat, Zulkifli, SH., MH, Anggota komisi Etik, Prof. Drs. A Hadi Arifin., M.Si ketua komisi akademik, dan Dr. Muhammad, ST., M.Sc, anggota komisi Akademik.

Ketua Senat Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, dalam sambutan awal menyampaikan terima kasih atas kunjungan dan diskusi bersama salam peningkatan kinerja dan tupoksi dari senat di kampus, baik di Unimal dan di Unimed. Kami senat Unimed sangat senang menerima kunjungan Bapak-bapak dari Senat Unimal. Kita sama-sama bersinergi agar senat yang memiliki wilayah pengawasan di suatu kampus itu dapat berkontribusi positif bagi rektor dalam mewujudkan ketercapaian visi dan misi yang sudah ditargetkan. Kami Unimed sudah BLU sejak 2017, sedangkan Unimal masih Satker, tentunya statuta kita berbeda karena acuan tata Kelola dan secara organisatoris senat mengacu kestatuta tersebut. Sebenarnya senat di suatu kampus domainnya sama yakni ada pada pengawasan. Pengawasan dalam hal capaian PK rektor dengan menteri,  pengasawan dalam akreditasi institusi dan program studi, pengawasan dalam keterlaksanaan Renstra, pengawasan dalam ranking perguruan tinggi nasional dan internasional, dan program unggulan. Pengawasan senat lebih fokus lagi dalam hal akademik, penelitian dan pengabdian di kampus. Semoga kunjungan ini dapat saling memberikan masukan untuk peningkatan kinerja bagi senat Unimed dan senat Unimal.

Sekretaris Senat Unimed Dr. Winsyahputra Ritonga, menjawab pertanyaan dari anggota senat Unimal Dr. Muhammad, Senat Unimed aktif mengadakan pertemuan/rapat bersama secara periodic, untuk mendiskusikan program kerja, kebijakan-kebijakan dan permasalahan internal yang sesuai dengan bidang tugas senat yakni dalam pengawasan. Senat Unimed juga telah memutuskan berbagai peraturan rektor dalam bidang akademik, penelitian dan pengabdian, sumberdaya manusia, kemahasiswaan, perencanaan, kerjasama dan informasi publik, serta peraturan rektor lainnya.

Alfian, MA, selaku sekretaris Senat UNIMAL, menyampaikan ucapan terima kasih kepada ketua dan anggota senat Unimed atas diterimanya kami dengan ramah dan menyenangkan. Kami harus banyak belajar ke Senat Unimed yang menurut kami memiliki kinerja dan pola kerja yang baik. Kunjungan kami ini memiliki tujuan agar Senat Unimal dapat terus mengefektifkan tugas dan fungsi senat bagi pengembangan Unimal. Walau kami masih satker, namun kami saat ini juga sudah mempersiapkan diri untuk mengusulkan ke BLU. Apa-apa yang baik yang telah dilakukan dan diprogramkan oleh Senat Unimed dalam mendukung kinerja rektor dan kemajuan kampus, akan kami bawa ke rapat senat di Unimal. Kami yakin pertemuan benchmark  ini akan bermanfaat bagi kami, setelah pertemuan ini izinkan kami untuk terus meminta masukan dan saran agar senat Unimal dapat lebih baik. Terima kasih.(Humas Unimed)