Selasa, 21 Mei 2024
Perguruan Tinggi

FBS UNIMED Beri Pelatihan Pelayanan Prima kepada Tendik Fakultas

FBS UNIMED Beri Pelatihan Pelayanan Prima kepada Tendik Fakultas

Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) melaksankan kegiatan Pelatihan Pelayanan Prima Tendik dilingkungan FBS Unimed. Selasa (19/10/21). di Ruang Sidang B Gedung Dekanat FBS Unimed.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan lagi Pelayanan kepada civitas akademika yang selama ini sudah baik menjadi lebih baik lagi kedepannya. Hal senada disampaikan oleh Dekan Fakultas Bahasa dan Seni Dr. Abdurahman Adisaputera, M.Hum dalam sambutan sekaligus membuka secara resmi pelaksanaan kegiatan Peningkatan Pelayanan Prima Tendik di FBS Unimed.

“Kepuasan pelanggan merupakan kata kunci dalam sebuah pelayanan. Baik itu pelayanan dalam produk barang maupun jasa, tak terkecuali dengan suatu Fakultas di Perguruan Tinggi yang juga merupakan unit pelayanan terhadap masyarakat dalam jasa pendidikan. Sehingga pelayanan pada sebuah fakultas di perguruan tinggi juga harus memberikan pelayanan yang mampu memberikan kepuasan terhadap pelanggan atau stakeholder, yaitu pihak-pihak yang memiliki kepentingan terhadap FBS Unimed.” Ujarnya.

Dekan berharap dengan adanya pelatihan tersebut Tenaga Pendidik di FBS Unimed mampu memberikan kesan yang baik atau image positif bagi masyarakat. Pegawai diharapkan juga lebih semangat dan memberikan kepuasan bagi masyarakat, baik cara etika maupun teknologinya.

Dr. Wisman Hadi, M.Hum dihadirkan sebagai narasumber I pada pelatihan ini. Ia adalah Dosen sekaligus Kaprodi Pendidikan Bahasa Indonesia di Pascasarjana Unimed. Menurut Wisman Hadi fakultas juga memiliki hubungan dengan pihak-pihak yang berkepentingan atau stakeholder. Sehingga setiap pegawai harus mampu bersikap profesional terhadap stakeholder maupun rekan kerja. Profesional merupakan kunci dalam memberikan pelayanan yang terbaik. Profesional hanya dapat dicapai jika pegawai memiliki kompetensi, komitmen, etika maupun etiket, kemampuan komunikasi yang baik, berorientasi pada pelayanan, bangga dengan profesinya serta bahagia sehingga bekerja sepenuh hati. Wisman Hadi mengajak setiap pegawai mengawali hari dengan bahagia sehingga kebahagiaan tersebut akan selalu terjaga setiap hari yang memberikan dampak terhadap orang-orang disekitar kita juga merasa bahagia jika bertemu atau berkomunikasi dengan kita.

Selanjutnya narasumber II yakni Dra. Sri Mutmainnah, M.Si yang merupakan Kepala UPT Kearsipan Unimed. “Arsip yang tercipta dari kegiatan lembaga negara dan kegiatan yang menggunakan sumber dana negara dinyatakan sebagai arsip milik negara, hal ini juga tercantum dalam pasal 33 UU No. 43 Thn 2009.”ungkapnya.

Menurutnya, ada 8 prinsip untuk mengelola arsip dengan baik yaitu ; Pengambilan Keputusan, Pertanggung jawaban, Perlindungan Hak/Haki, Pelindungan Aset, Pelindungan Batas Wilayah, Peraturan Kerahasiaan Informasi, Layanan Publikdan Perencanaan.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Dekan II Dr. Masitowarni Siregar, M.Ed dan Wakil Dekan III Dr. Marice, M.Hum. Peserta yang mengikuti kegiatan pelatihan ini sebanyak 26 orang yang merupakan Tenaga Pendidik di FBS Unimed. (Humas Unimed/js)