Jumat, 17 Mei 2024
Sekolah Menengah Atas

Gali Potensi Siswa, SMASA Gelar Psikotes Bakat Minat

Gali Potensi Siswa, SMASA Gelar Psikotes Bakat Minat

SMA Negeri 1 Situbondo kembali mengadakan psikotes untuk siswa, Senin (18/10). Psikotes tahap kedua ini berlangsung dari 18-19 Oktober 2021. Fokusnya adalah untuk mengetahui bakat dan minat siswa kelas X SMASA.

Menurut Eka Sari Liesanuri, S.Psi selaku guru Bimbingan Konseling yang sekaligus pelakasana teknis mengatakan psikotes tahap kedua ini merupakan tes lanjutan dari rangkaian proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2021. Sebelumnya, SMASA sudah melaksanakan psikotes tahap pertama sebagai penentu penjurusan siswa kelas X.

“Tes ini tujuannya untuk mengetahui bakat minat siswa-siswi. Jadi siswa-siswi diajak untuk mengamati kecenderungan apa yang ada dalam dirinya. Sehingga nantinya tidak bingung saat memilih jurusan pasca SMA,” tutur Bu Liesa.

Pelaksanaan Psikotes tahap kedua ini bekerjasama dengan Exensia Creativa, sebuah lembaga psikologi yang berbasis di Surabaya. Bu Liesa berharap kerjasama tersebut dapat menjadi perantara siswa-siswi SMASA untuk lebih semangat lagi belajar memahami potensi dirinya. Selain itu, Bu Liesa juga meminta siswa dapat menyiapkan diri dari sekarang peluang jurusan kuliah maupun karir yang cocok dengan keahlian masing-masing.

“Semoga dengan pelaksanaan psikotes ini setidaknya anak-anak bisa mempunyai gambaran tentag minat bakat diri untuk lebih bisa mempunyai pandangan karir masa depan setelah lulus,” pungkasnya.

Penulis: Moh. Farhan, S.S.