Sabtu, 27 April 2024
Sekolah Menengah Atas

Peringatan Hari Guru Nasional 2022 di SMAN 3 Tambun Selatan

Dalam beberapa hari ini para guru di seluruh Indonesia, baru saja merayakan hari ulang tahunnya yang ke-77 dan Hari Guru Nasional. Peringatan Hari Guru Nasional 2022 di SMAN 3 Tambun Selatan, dilaksanakan pada hari Jum’at, 25 November 2022. Acara dimulai dengan upacara bendera peringatan Hari Guru Nasional (HGN) yang dimulai pada pukul 07.00 WIB. Upacara di pimpin langsung oleh bapak kepala sekolah Drs.H.Jahra, M.Pd, dan seluruh pengawai sekaligus sebagai petugas upacara bendera, serta seribu lebih siswa-siswi SMAN 3 Tambun Selatan mengikuti upacara bendera dengan hikmat.

Pada kali ini, dalam gelar upacara bendera Hari Guru Nasional tahun 2022 mengangkat tema “Serentak Berinovasi, Wujudkan Merdeka Belajar“. Setelah pengibaran bendera dan berkumandangnya lagu Indonesia Raya dan dilanjutkan oleh Hymne Guru, saatnya bapak Kepala Sekolah SMAN 3 Tambun Selatan bapak Drs. H. Jahra, M. Pd menyampaikan amanatnya,dan beliau merasa bangga dan terharu setelah melihat para dewan guru sebagai petugas upacara, dapat melaksanakan tugasnya dengan sangat baik. Tidak lupa beliaupun menyampaikan beberapa hal yang berkaitan dengan tema peringatan Hari Guru Nasional tahun ini kepada seluruh peserta upacara.

Upacara Pengibaran Bendera dengan Bapak Ibu Guru sebagai petugas

            Pelaksanaan peringatan upacara bendera Hari Guru Nasional tahun 2022 berjalan dengan lancar sesuai dengan keinginan kita bersama. Selanjutnya  di tutup dengan doa dan persembahan dari dewan guru yang bermain alat musik tradisional yaitu angklung dan kolintang, dilanjut dengan persembahan drumband dari siswa-siswi SMAN 3 Tambun Selatan. Diakhir acara ada penghargaan dari sekolah untuk Sosok Guru terfavorit dan Guru terbaik, yang tahun ini diraih oleh ibu Bunah dan bapak Jadi kemudian setelahnya ada acara pemberian tanda mata dari seluruh siswa-siswi kepada para dewan guru dan melaksanakan foto bersama di lapangan SMAN 3 Tambun Selatan.

Penampilan angklung dari Bapak Ibu Guru
Pemberian Penghargaan kepada Guru Terbaik dan Guru Terfavorit Pilihan Siswa

            Acarapun tidak hanya sampai disitu, acara masih berlanjut dengan bazar makanan dan minuman yang diikuti oleh seluruh siswa-siswi SMAN 3 Tambun Selatan dan acara ramah tamah keluarga besar SMAN 3 Tambun Selatan. Tentu saja hal seperti ini akan sangat menggembirakan bagi para guru, sebab merasa diperlakukan spesial oleh para siswa-siswinya. Dan saya pun merasa bangga bisa menjadi salah satu bagian yang ikut berpartisipasi dalam meramaikan acara peringatan Hari Guru Nasional di SMAN 3 Tambun Selatan.

Karena jika kita melihat latar belakang dan tujuan dari pembentukan PGRI yang diperjuangkan oleh para guru pendahulu kita pada dasarnya adalah yang pertama yaitu memperjuangkan hak dan posisinya agar lebih dipandang dan lebih sejahtera serta mempunyai penghidupan yang layak. Tetapi jangan lupa, ada tujuan lain yang lebih penting dari semua itu, yaitu seorang guru mempunyai kewajiban untuk ikut berperan aktif dalam mencerdaskan anak bangsa. Karena anak merupakan penerus sejarah yang dapat menentukan pembangunan dan kemajuan suatu bangsa.

Saya yakin, siapapun orang yang ada disini pasti setuju dengan saya jika guru itu adalah “Pahlawan Tanpa Tanda Jasa”. Kenapa guru saya sebut dengan pahlawan? Tentunya karena bagi saya seorang guru sangat memberikan pengaruh bagi kehidupan manusia di muka bumi ini.

Apalagi guru di era milenial ini pun harus berusaha adaptif dan mengikuti pola pikir yang selaras dengan perkembangan jaman sekarang. Untuk itu, semoga para guru tetap diberikan kesehatan dan kekuatan agar dapat terus membimbing dan mendampingi siswa-siswanya dalam meraih masa depannya yang lebih baik dan berkarakter. Aamiin ….

(Satrio Baskoro – XI MIPA 6)