Sabtu, 04 Februari 2023
Perguruan Tinggi

Umsida Gencar Membangun Desa Wisata, Kali Ini Mahasiswa KKN-P Akan Diterjunkan

Umsida Gencar Membangun Desa Wisata, Kali Ini Mahasiswa KKN-P Akan Diterjunkan

umsida.ac.idUniversitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) melaksanakan kegiatan pelepasan mahasiswanya untuk Kuliah Kerja Nyata Pencerahan (KKN-P) pada selasa (17/01/2023) di desa Plintahan Kecamatan Pandaan Kabupaten Pasuruan. Dengan mengutamakan gerakan berkemajuan dalam KKN 2023 ini Umsida memiliki tema yang berbeda dan menarik seperti yang telah disampaikan oleh ketua pelaksana KKN-P 2023 Indah Apriliana Sari ST MT.

indah apriliana st mt

“Perbedaan KKN saat ini dan sebelumnya, biasanya pelaksanaan pelepasan dilaksanakan di kampus Umsida sendiri, kali ini di desa mitra Umsida. Dalam pembentukan tema sesuai dengan amanah Rektor Umsida pada tahun 2026 Umsida ingin rekognisi nasional, untuk itu kemudian kami turunkan pada roadmap pengabdian masyarakat (abdimas) universitas dimana tahun 2026 akan terwujud beberapa desa wisata,” terangnya.

“Alhamdulillah pada tahun ini Umsida telah memiliki desa mitra yang kemudian membentuk desa wisata maka dari itu panitia merumuskan tema KKN ini, penguatan potensi lokal menuju desa sapta pesona yang berkelanjutan,” imbuhnya.

Dalam tema KKN tersebut kata berkelanjutan disoroti oleh Direktur Direktrat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) Umsida Dr Sigit Hermawan MSi agar seluruh pihak terutama bapak ibu dosen maupun mahasiswa agar bisa berkontibusi nyata dan tidak berhenti mengoptimalkan desa wisata yang dibina oleh Umsida.

sigit hermawan

Dalam sambutannya Dr Sigit menjelaskan “Dalam tema penguatan potensi lokal menuju desa sapta pesona berkelanjutan, saya menyoroti kata berkelanjutan. Tentunya DRPM tidak bisa sendirian dalam melakukan abdimas tetapi butuh bapak ibu semua. Ini kesempatan bahwa Umsida sudah menempatkan desa ini sebagai mitra dan desa wisata mari kita abdimaskan diri kita di desa ini sehingga kita punya kontribusi yang nyata,”

“Kalau mau berwisata tidak perlu jauh-jauh ke daerah pujon batu yang terkenal itu, cukup di desa plintahan saja. Saya rasa ini bisa menjadi kontribusi Umsida yang sangat bagus untuk pengembangan dan rekognisi Umsida sebagaimana roadmap universitas.” jelasnya.

Tidak hanya pihak Umsida, Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Pasuruan Dr Mohammad Aufin MM juga hadir dan memberikan motivasi kepada mahasiswa dengan memberikan cuplikan catatan dari KH Ahmad Dahlan.

“Ada 1 catatan dari kyai Ahmad Dahlan menggembirakan dan berkemajuan ciri orang muhamadiyah itu harus gembira dan berpikir kemajuan. Untuk itu kita semua harus berpikir kemajuan dan unggul. Untuk menjadi orang-orang yang unggul diibaratkan seperti burung, sayap kanannya menjadi amar ma’ruf sayap kirinya nahi mungkar,” terangnya

Amar Ma’ruf Nahi Munkar yang dijelaskan oleh Ketua PDM memiliki arti Amar Ma’ruf menyuruh orang berbuat baik sementara Nahi Munkar artinya melarang orang berbuat jahat. Jika sudah berjiwa Amar Ma’ruf Nahi Munkar maka manusia tersebut otomatis akan mempu berjiwa unggul.

Kegiatan abdimas yang akan dilakukan oleh para mahasiswa ini merupakan salah satu visi penting yang ada di Umsida dengan tujuan utama yakni mencapai kesejahteraan masyarakat. Hal ini disampaikan oleh Rektor Umsida Dr Hidayatullah MSi saat membuka dan mengesahkan pelepasan mahasiswa KKN-P Umsida 2023.

“Apa yang kita lakukan ini tentu tidak bisa lepas dari visi Umsida yang ditetapkan pada tahun 2018 dan di proyeksikan sampai tahun 2038 dimana visi itu dirumuskan menjadi perguruan tinggi yang inovatif dalam pengembangan IPTEKS berdasarkan nilai-nilai islam untuk kesejahteraan masyarakat,jadi semua hal yang kita lakukan itu endingnya harus sampai pada meningkatkan kesejahteraan masyarakat KKN P 2023 ini bagian dari ikhtiar kita semua untuk memberikan berkontribusi dalam memberikan kesejahteraan masyarakat ,” paparnya.

Dr Hidayatullah juga menyampaikan kepada mahasiswa agar memastikan kehadirannya memberikan manfaat yang sangat besar dalah ikhtiar untuk memberikan berkontribusi dalam memberikan kesejahteraan masyarakat lahir dan batin.

Rektor Umsida juga menyematkan jaket KKN-P sebagai tanda mahasiswa telah resmi bertugas mengabdi di desa masing-masing dan berkontribusi penuh dalam membantu pengembangan dan kemajuan desa.

Yudianto SH MM sebagai Camat Kecamatan Pandaan juga ikut memberikan sambutan dalam pelepasan mahasiswa KKN-P 2023 Umsida.

“Harapan kami jika pengembangan desa wisata dari pemerintah saja rasanya kurang maksimal dengan adanya kegiatan ini akan memberikan percepatan perkembangan di desa desa. Belum lama ini desa plintahan dinobatkan sebagai salah satu desa terbaik yang ada di kabupaten pasuruan. Untuk itu harapan kami dari teman-teman mahasiswa, saya yakin IT nya sangat bagus apalagi dari muhammadiyah, perguruan tinggi muhammadiyah ini sudah terkenal kalau untuk bidang pendidikan dan kesehatan. Jadi kami berharap besar kepada adek adek mahasiswa untuk bantu di desa plintahan ini,” tandasnya

Setelah acara peresmian pelepasan mahasiswa KKN-P ini mahasiswa bersama-sama ke air terjun Coban Binangun dan menikmati pemandangan alam sambil berfoto foto.

Rani Syahda Hanifa

*Humas Umsida