Jumat, 26 April 2024
Perguruan Tinggi

Unimed Rancang Modul Makul Elektif untuk Lahirkan Lulusan PPG yang Bermutu

Unimed Rancang Modul Makul Elektif  untuk Lahirkan Lulusan PPG yang Bermutu

Dalam rangka mempersiapkan perkuliahan Program Profesi Guru (PPG) Prajabatan, Universitas Negeri Medan melaksanakan rapat koordinasi penyusunan modul elektif PPG Prajabatan yang diadakan selama 3 hari di Hotel Le Polonia Medan pada 18-20 Januari 2023.

Rapat dihadiri oleh Ketua Nasional UKMPPG Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd., Rektor Unimed Prof. Dr. Syamsul Gultom, SKM, M.Kes. Para Wakil Rektor, Dekan, Direktur PPs dan Ketua Lembaga di lingkungan Unimed, Serta para dosen tim penyusun modul.

Dalam sambutannya, Rektor Prof. Syamsul Gultom, mengucapkan terima kasih kepada Bapak/Ibu Pimpinan dan tim penyusun Modul Mata Kuliah Elektif. Marilah kita berkoordinasi secara baik agar dapat menghasilkan produk yang terbaik yakni Modul Mata Kuliah Elektif PPG Prajabatan yang mampu menjawab Profil Lulusan PPG Prajabatan. Mudah-mudahan dengan modul mata kuliah elektif yang kita hasilkan nanti, akan berdampak positif dalam melahirkan lulusan PPG Prajabatan yang bermutu, dan unggul. Mari kita diskusikan dengan baik, apa langkah-langkah terbaik dan tepat agar kegiatan kita ini dapat menghasilkan produk modul mata kuliah elektif untuk diterapkan dalam PPG Prajabatan di Unimed.

Selaku Ketua Pelaksana Nasional UKMPPG, Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd., menyampaikan, “Kita ingin modul ini punya standar, karena modul ini bukan sekedar modul lokal tetapi akan menjadi modul nasional nanti. Dan mungkin ini akan menjadi Open Educational Resource (OER) atau menjadi sumber yang terbuka nantinya. Dimana Outputnya jelas, aktifitasnya jelas, materinya jelas, hasil dan juga jelas baru bisa kita katakan Guru yang sudah paham menintegrasikan budaya pada pembelajaran mata pelajarannya nanti kelak setelah tamat dari PPG. Seluruh matakuliah yang ada di PPG ini adalah dalam rangka merangkai sebuah pembelajaran yang dilakukan seorang guru profesional baik dalam teknologi dimana harus bisa menggunkan teknologi pada mata pelajarannya, karakter dimana harus bisa mengintegrasikan karakter kalau menjadi seorang guru dan budaya dimana harus bisa mengeksplorasi dan membuat rancangan pembelajaran berbasis budaya”.

Dalam laporan kegiatan, Ketua Koordinator PPG Unimed Dr. Abil Mansyur, M.Si., Pembelajaran PPG Prajabatan terdiri dari 3 kelompok matakuliah yakni Matakuliah Inti, Matakuliah Selektif dan Matakuliah Elektif. Matakuliah Inti dan Matakuliah Selektif secara nasional telah ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi melaui Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK). Namun untuk matakuliah Elektif diberikan kepada LPTK penyelenggara PPG Prajabatan untuk menentukannya sendiri dengan memilih matakuliah dari kelompok matakuliah Selektif atau merancang menyusun matakuliah sendiri yang dapat dijadikan sebagai ciri dari masing-masing LPTK penyelenggara. Unimed sebagai penyelanggara PPG Prajabatan menetapkan untuk merancang dan menyusun matakuliah baru yang akan dijadikan matakuliah kelompok matakuliah Elektif nanatinya. Oleh karena itu dirasa perlu untuk menyiapkan modul yang akan digunakan pada matakuliah Elektif nantinya. (Humas Unimed/bg).