Jumat, 26 April 2024
Sekolah Menengah Kejuruan

ASKEP SMK MUH 3 PWT AWALI USK DENGAN VERIFIKASI OLEH LSP ASNAKES

Ujian Kompetensi Keahlian (UKK) dapat dilaksanakan menggunakan standar yang ditetapkan oleh industri, Lembaga Sertifikasi Profesi dan perangkat Ujian yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di tempat-tempat Ujian kompetensi.
Satuan pendidikan yang menyelenggarakan UKK harus dinyatakan layak sebagai tempat Ujian kompetensi oleh koordinator UKK Tingkat Provinsi atau Lembaga Sertifikasi Profesi.

Rabu, 8 Februari 2023, SMK Muhammadiyah 3 Purwokerto menerima kunjungan verifikasi tempat pelaksanaan Ujian Kompetensi Keahlian dari LSP ASNAKES INDONESIA yang dilakukan oleh tim verifikator Septian Afriyono, A.md.kep dan Siswanti Budi Rahayu., SMK.,S,.S.Tr.keb. Kegiatan ini bertujuan untuk memverifikasi kesiapan dan kelayakan Program Keahlian Keperawatan SMK Muhammadiyah 3 Purwokerto dalam menyelenggarakan Ujian Kompetensi Keahlian (UKK). Dalam pelaksanaan verifikasi ini, tim verifikasi mengunjungi Laboratorium Keperawatan dan tempat ujian teori. Di laboratorium tersebut tim verifikasi ditunjukkan berbagai macam peralatan dan bahan yang akan digunakan dalam UKK, termasuk persiapan administrasi terkait perangkat penilaian siswa. Secara umum perangkat Ujian Kompetensi Keahlian terdiri atas :

Soal Praktik Kejuruan, Pedoman Penilaian Soal Praktik dan Instrumen Verifikasi Penyelenggara Ujian Kompetensi Keahlian.
Setelah memverifikasi tempat dan dokumen administrasi berdasarkan instrumen penilaian verifikasi kelayakan, Tim Verifikasi memberikan rekomendasi hasil sangat layak kepada Program Keahlian Keperawatan untuk menyelenggarakan Ujian Kompetensi Keahlian (UKK).

Perangkat Ujian praktik yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bersifat terbuka dan peserta Ujian dapat berlatih menggunakan perangkat Ujian tersebut sebelum pelaksanaan Ujian.(*)