Jumat, 26 April 2024
Perguruan Tinggi

Tiga Profesor Michigan State University Adakan Program Mengajar di FKIP Untirta

Tiga Profesor Michigan State University Adakan Program Mengajar di FKIP Untirta

Menyusul pertemuan dengan Rektor, para Wakil Rektor, dan para Dekan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) pada hari sebelumnya, Tiga profesor dari Michigan State University (MSU), yakni Dr. Samantha Caughlan, Dr. Nancy Roming, dan Dr. Alyssa Morley didampingi oleh Pusat Layanan Internasional Untirta melakukan program kegiatan mengajar di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) pada hari ketiga rangkaian kunjungan ke Untirta, Jum’at (31/03/2023).

Kegiatan mengajar tersebut berfokus pada motivasi kegiatan pembelajaran dan pertukaran informasi (sharing knowledge) terkait penyiapan calon guru yang akan mengajar di Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA).

Tak hanya itu, para profesor dari MSU juga berdialog dengan Dekan dan Wakil Dekan Bidang Akademik FKIP serta Ketua Prodi Pendidikan Bahasa Inggris sebagai perwakilan para ketua prodi mengenai potensi kerja sama dengan FKIP.

Tim dari MSU berencana berkontribusi sebagai narasumber atau pemateri dalam berbagai kegiatan akademik di Untirta, khususnya FKIP Untirta, salah satunya kegiatan seminar internasional tahunan AISELT (Annual International Seminar on English Language Teaching)  yang akan diselenggarakan oleh Prodi Pendidikan Bahasa Inggris pada bulan September mendatang.

“Untuk inisiasi pertama bisa dimulai dengan mengundang peneliti atau dosen dari MSU untuk mengisi seminar internasional AISELT yang akan diadakan oleh jurusan pendidikan Bahasa Inggris,” ujar Dekan FKIP Dr. Dase Erwin Juansah, M.Pd.

Mahasiswa dan dosen Untirta mengaku antusias menghadiri acara dan berdialog langsung dengan tiga profesor dari MSU. Salah satu mahasiswa mengatakan bahwa program mengajar dari tim MSU ini sangat menarik dan memotivasi dirinya untuk belajar lebih baik lagi sebagai calon guru Bahasa Inggris di sekolah. “Program pengajaran dari Tim Michigan State University memotivasi, serta solutif dalam permasalahan manajemen kelas di saat proses belajar mengajar,” ujarnya. (SAC/ NSLH AAP/ VDF)