Rabu, 08 Mei 2024
Sekolah Menengah Atas

Tiga Narasumber Berbagi Praktik Baik dari Muhiska

Kepala Sekolah dan 2 Guru SMA Muhammadiyah 1 Surakarta lolos sebagai Narasumber Berbagi Praktik Baik (NS BPB). Kegiatan ini dalam  rangka  implementasi  kurikulum  merdeka  melalui  workstream  Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi gelombang 3.

Ketiga mereka adalah:

  1. Dr. Rahayuningsih, S.Pd.,MPd., kepala SMA Muhammadiyah 1 Surakarta
  2. Dra. Willys Sari Listiyani, M.Pd., guru Sejarah SMA Muhammadiyah 1 Surakarta
  3. Siti Nur Jannah, S.Pd., guru Kimia SMA Muhammadiyah 1 Surakarta

 

Dra. Willys Sari Listiyani, M.Pd., berujar “Sebagai NS  BPB  kami  nantinya  akan  memiliki  tugas  dan  tanggung  jawab diantaranya adalah berbagi praktik baik implementasi kurikulum merdeka sesuai dengan permintaan atau undangan dari satuan pendidikan maupun komunitas belajar baik secara daring maupun secara luring.”

Langkah untuk menjadi NS BPB adalah mendaftar NS BPB yang berlangsung dari tanggal 1 sampai dengan  30  Maret  2023. Selanjutnya dalam rangka menjamin mutu NS BPB, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi akan melakukan seleksi terhadap calon NS BPB dan juga memberikan pembekalan terhadap calon NS BPB. Calon NS BPB dapat mendaftar dan memantau hasil seleksi melalui http://gurudikdas.kemdikbud.go.id/sinarbaik.

Adapun kriteria guru atau kepala sekolah yang dapat dapat menjadi NS BPB ini adalah sebagai berikut :

  1. Berasal dari satuan pendidikan yang telah mengimplementasikan Kurikulum Merdeka, atau sekolah  lainnya  yang  telah  menerapkan  prinsip-prinsip  Kurikulum  Merdeka  di   satuan pendidikannya dan belum pernah mengikuti pembekalan NS BPB
  2. Memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik sebagai NS BPB
  3. Memiliki bukti karya yang dapat dijadikan praktik baik implementasi Kurikulum Merdeka
  4. Berkomitmen untuk mengikuti seluruh rangkaian kegiatan NS BPB
  5. Berkomitmen menjalankan tugas dan tanggung jawabnya sebagai NS BPB
  6. Telah menyelesaikan aksi nyata pelatihan mandiri di PMM minimal dua topik

Semoga Narasumber Berbagi Praktik Baik dari SMA Muhammdiyah 1 Surakarta dilancarkan dan dipermudah langkahnya  oleh Allah SWT sehingga dapat melaksanakan tugasnya seperti yang diharapkan pemerintah.