Sabtu, 27 April 2024
Perguruan Tinggi

Menuju Program KKN, Mahasiswa FE Unimed Mengikuti Edukasi Literasi Keuangan Melalui Program TOT

Menuju Program KKN, Mahasiswa FE Unimed  Mengikuti Edukasi Literasi Keuangan Melalui Program TOT

Dalam rangka meningkatkan pengetahuan mahasiswa Fakultas Ekonomi Unimed menuju program Kuliah Kerja Nyata (KKN) tentang Literasi Keuangan, Agen inklusi Keuangan OJK Regional 5 Sumatera Utara melakukan edukasi keuangan melalui program Training of Trainers (TOT) 800 Agen Inklusi Keuangan Desaku Cakap Keuangan, yang dilaksanakan di Aula Gedung Digital Library Unimed. Senin (29/05).

Seluruh rangkaian kegiatan difasilitasi oleh OJKR5 Sumut seperti materi sosialisasi yang disampaikan para narasumber pada kegiatan ini, yaitu materi tentang pinjaman online dan investasi ileal, materi perencanaan keuangan, materi modul perbankan dan IKNB serta pasar modal dapat memberikan manfaat kepada seluruh masyarakat di Sumut. Seluruh materi yang disampaikan para narasumber bertujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat dan sebagai bekal pengetahuan bagi mahasiswa Fakultas Ekonomi tentang literasi keuangan pada program KKN nanti. Adapun nama-nama narasumber yang memberikan materi pada kegiatan ini yakni Kaukabus Syarqiyah (Financial Planner), Raya D Theresia (Analis Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK), Solohin (Kepala Bagian Kemitraan Pemerintah Daerah OJK), M.Pitor Nasution (Kepala Perwakilan Bursa Efek Indonesia Provinsi Sumut).

Kegiatan ini dihadiri Dekan Fakultas Ekonomi Unimed Prof. Indra Maipita, M.Si., Ph.D., Kepala OJKR5 Sumut, Jajaran Wakil Dekan, Ketua Jurusan, Ketua Program Studi dilingkungan Fakultas Ekonomi, staf OJKR, serta mahasiswa Fakultas Ekonomi Unimed.

Prof. Indra Maipata pada saat membuka kegiatan tersebut dalam sambutannya memberikan apresiasi dan menyampaikan terimakasih kepada Agen Inklusi Keuangan OJKR5 Sumut yang telah memfasilitasi dan memberikan edukasi tentang literasi keuangan kepada mahasiswa FE sebagai bekal untuk mereka yang akan menjalani KKN nanti. “Kami terus berupaya memberikan peningkatan pengetahuan bagi mahasiswa khususnya di Fakultas Ekonomi agar lulusan FE Unimed memiliki bekal pengetahuan yang cukup sehingga mampu menghadapi tantangan di dunia kerja nanti”.

Keuangan suatu Negara yang tumbuh berkembang akan berdampak positif terhadap peningkatan perekonomian. Pemahaman dan pengetahuan tentang literasi dan inklusi keuangan sangat penting dilakukan pada masyarakat terutama mahasiswa fakulta ekonomi Unimed sebagai bekal meraka dalam menyampaian dan memeberikan pengetahuan kepada masyarakat tentang pentingnya literasi keuangan dalam mengatur pola keuangan sebagai upaya pengetasan kemiskinan disuatu daerah.

Kepala OJK R5 Sumut Bambang Mukti Riyadi dalam sambutannya mengatakan “kami sangat mengapresiasi antusiasme adik-adik mashasiswa mengikuti kegiatan hari ini. Setelah menyelesaikan rangkaian training hari ini, kami mengharapkan adik-adik sekalian akan mampun mendiseminasi ilmu literasi keuangan kepada masyarakat di Sumatera Utara pada saat melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) nanti”, ujarnya.(Humas Unimed/js)