Jumat, 26 April 2024
Perguruan Tinggi

Mahasiswa PPG Prajabatan UNIMED Kembangkan Math Science Fun Learning untuk Masyarakat Desa Kolam

Mahasiswa PPG Prajabatan UNIMED Kembangkan Math Science Fun Learning untuk Masyarakat Desa Kolam

Mahasiswa Universitas Negeri Medan tak hentinya melakukan berbagai kegiatan bermanfaat demi mendukung Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam bidang pengabdian kepada masyarakat, kali ini mahasiswa PPG Prajabatan Matematika-IPA UNIMED 2022 melaksanakan salah satu kegiatan dalam mata kuliah Proyek Kepemimpinan II pada program studi PPG Prajabatan 2022.

MK Proyek Kepemimpin bertujuan untuk mengembangkan dan mengasah kemampuan serta kepekaan mahasiswa dalam melihat dan menyelesaikan permasalahan yang ada di lingkungan masyarakat secara luas. Sehingga diharapkan nantinya setelah mereka menjadi guru yang profesional, mereka tidak hanya mampu memberikan perubahan di lingkungan sekolah tetapi juga di lingkungan masyarakat di luar sekolah. MK Proyek Kepemimpinan (PK) yang dilakukan tentunya telah melalui proses observasi dan perancangan kegiatan, sehingga kegiatan yang dilakukan benar-benar berdampak bagi masyarakat mitra.

Proyek Kepemimpinan ini dilaksanakan di Desa Kolam, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Adapun beberapa kegiatan yang dilaksanakan selama Proyek Kepemimpinan ini berlangsung antara lain Math fun learning untuk anak-anak TK yang dilaksanakan di padepokan Iqra’ Desa Kolam, kegiatan kewirausahaan dalam ranngka pembuatan sabun untuk ibu-ibu/masyarakat Desa Kolam secara umum yang dilaksakan di salah satu rumah warga, sosialisasi bahaya merokok untuk anak-anak SMP yang dilaksanakan di salah satu SMP Desa Kolam, kegiatan kerja bakti di padepokan Iqra, penggalangan donasi untuk padepokan Iqra’ dan panti asuhan.

Salah satu mahasiswa PPG Prajabatan, Anisa Putri Hairi mengatakan, kegiatan Proyek Kepemimpinan ini dilaksanakan dalam rangka pengabdian kepada masyarakat, dimana mahasiswa PPG Prajabatan Matematika-IPA UNIMED 2022 mengusulkan prakarsa perubahan berupa kegiatan sharing is caring yaitu math science fun learning untuk masyarakat Desa Kolam. Kelompok MIPA membawa pendidikan secara nyata dalam kehidupan masyarakat Desa Kolam dengan cara mengenalkan manfaat dari pelajaran matematika dan IPA dalam kehidupan sehari-hari.

Founder dan pengelola Padepokan Iqro, Ismail, S.Hut, M.A. mengatakan, bahwa kegiatan ini sangat bernilai positif karena merupakan salah satu dukungan dari mahasiswa khususnya calon guru dalam bidang pendidikan. Selain itu , kegiatan ini juga merupakan kegiatan yang berwawasan karena memberikan wawasan bagi para ibu rumah tangga di Desa Kolam untuk meningkatkan kemampuan berwirausahanya. ”Untuk kedepannya, Padepokan Iqro tetap mau bekerja sama dengan para mahasiswa dan senantiasa siap menerima mahasiswa untuk melakukan projek kegiatan kedepannya.”

Dosen pembimbing Proyek Kepemimpinan, Didi Febrian, S.Si., M.Sc. mengatakan kegiatan Math Science Fun Learning yang telah dilakukan tentunya memberikan nuansa berbeda bagi peserta didik di mitra dalam mempelajari matematika dan IPA. ”Secara umum, pelaksanaan PK yang dilakukan mahasiswa PPG Prajab Matematika dan IPA ini telah berjalan dengan baik dan sesuai dengan rancangan kegiatan yang telah disusun. Kita harapkan bersama, hubungan baik antara mahasiswa dan mitra terus berlanjut dalam kegiatan-kegiatan yang akan datang.”

Sosialisasi dan Praktikum Sains tentang bahaya rokok dapat membuka wawasan bagi para remaja di lokasi mitra untuk menjauhi aktivitas merokok. Penyuluhan dan latihan membuat sabun cair bagi ibu-ibu di lokasi mitra dapat menjadi sarana dalam meningkatkan kemampuan baru bagi ibu-ibu tersebut. Selanjutnya kegiatan donasi buku dan alat peraga pembelajaran matematika yang telah diberikan dapat meningkatkan keberagaman koleksi di mitra sehingga peserta didik di lokasi mitra semakin semangat dalam kegiatan literasi. Diharapkan kedepannya, kegiatan seperti ini akan terus dilaksanakan oleh para mahasiswa sebagai wujud pengabdian kepada masyarakat.