Minggu, 05 Mei 2024
Sekolah Menengah Pertama

Mewujudkan Pendidikan Karakter di Kab. Karanganyar Bersama Kadinas

Mewujudkan Pendidikan Karakter di Kab. Karanganyar Bersama Kadinas

Sobat Sketsa pada Hari Pendidikan 2 Mei 2023, tim Surnalistik SPENSATA melakukan wawancara dengan Kepala Dinas Pendidikan Karanganyar, Bapak Yopi Eko Jati Wibowo, S.Sos., M.M.

Apa saja sih yang Tim Jurnalis dapatkan dari beliau? simak wawancara kami berikut. Sebelum masuk ke materi wawancara kita perlu tahu siapa sih Bapak Yopi

ini, sebelum jadi Kadinas Pendidikan.

Bapak Yopi Eko Jati Wibowo yang beralamat di Bejen Rt 04/Rw 11. Beliau ini memiliki karir yang cukup cemerlang, beliau benar-benar meniti karir dari bawah hingga akhirnya bisa menduduki posisi Kadinas Pendidikan. Berawal dari Staf Kantor bangdes Kab.Karanganyar Pada tahun 1994, lalu menjadi Staff Kantor Kecamatan Kebakkramat pada tahun 1996. Pada tahun 1998 menjadi Staff Kepegawaian Sekertaris Daerah Kab. Karanganyar, dan menjadi Plt.Kasubsie Perekonomian Produksi dan Distribusi Seksi PMD Kecamatan Jaten Pada Tahun 1999, yang kemudian menjadi Kasie pemerintahan Kecamatan Jaten Pada tahun 2002 dari situ, karir beliau terus meningkat, di tahun 2004 dan 2009 beliau menjadi Sekcam di Ngargoyoso dan Karangpandan.

Setelah itu, beliau menjadi camat di Tawangmangu (2009), Mojogedang (2010), dan Colomadu (2017) tidak berhenti disitu, karir beliau naik lagi menjadi Sekretaris Satpol PP tahun 2020 dan berlanjut menjadi Kepala Satpol PP pada tahun 2021. Lalu pada tahun berikutnya 2022, sampai sekarang beliau masih menjadi Kadinas Pendidikan Kabupaten Karanganyar.

Bapak Yopi ini ketika SD mengenyam pendidikan di SDN Popongan IV lulus tahun 1985, melanjutkan ke SMPN 2 Karanganyar dan lulus tahun 1988 selepas lulus dari SMP, beliau melanjutkan ke SMAN 1 Karanganyar dan lulus tahun 1991, kemudian melanjutkan ke STPDN dan lulus tahun 1994.

Tidak cukup di STPDN, beliau lalu melnajutkan S1 di UNS, dengan jurusan Administrasi Negaradan lulus tahun 1997. Kemudian untuk studi S2 beliau mrlanjutkan di UII jurusan Magister Manajemen, lulus tahun 1999.

Yup, demikian perjalanan karir dan Pendidikan Bapak Yopi, sungguh luar biasa bukan? Semoga kita sobat Sketsa, bisa menjadi seperti beliau.

Pada kesempatan yang lalu,tanggal 2 Mei bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional, tim jurnalis Sketsa sengaja bersilaturahmi dengan Beliau untuk berbicara banyak tentang Pendidikan di Karanganyar. Berikut liputannya