Sabtu, 11 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Mahasiswa Unimed Sukses Gelar Lomba Semarak KKN 2023 di Desa Tanjung Sari

Mahasiswa Unimed Sukses Gelar Lomba Semarak KKN 2023 di Desa Tanjung Sari

 

 

Dalam semangat menjalin keterlibatan aktif dengan masyarakat dan mengaplikasikan ilmu pengetahuan di lapangan, Mahasiswa/i Universitas Negeri Medan (UNIMED) sukses menggelar Lomba Semarak Kuliah Kerja Nyata (KKN) 2023 di Desa Tanjung Sari, Kecamatan Batang Kuis, Kabupaten Deli Serdang. 

Lomba ini merupakan inovasi yang diadakan oleh Mahasiswa/i UNIMED , yang disetujui ole Kepala Desa Tanjung Sari yaitu Bapak Muhammad Hidayah dan jua didukung oleh Dosen Pemimbing Lapangan Yulita Moliq Rangkuti,S.Si.,M., untuk mempromosikan kerja sama tim, kreativitas, dan kontribusi positif dalam pengembangan masyarakat di beberapa bidang, antara lain bidang keagamaan, bidang keolahragaan, bidang seni, dan bidang pendidikan. Lomba Semarak KKN UNIMED 2023 berlangsung dari tanggal 10 Agustus hingga 12 Agustus 2023 dan mengadakan beberapa lomba, diantaranya lomba mewarnai, lomba cerdas cermat, lomba fashion show, lomba surah pendek, dan perlombaan atletik.

Acara dimulai dengan kata sambutan dari Ketua Kelompok KKN Desa Tanjung Sari 2023, Khoirul Ahyar. Kemudian, peresmian dan pembukaan Lomba Semarak KKN 2023 dilanjutkan Muhammad Yusuf Hasibuan M.Pd, yang merupakan koordinator KKN mewakili perangkat desa, dengan penuh semangat mengajak semua peserta untuk meriahkan acara ini. . Total peserta yang berpartisipasi dalam Lomba Semarak KKN mencapai 259 individu. Dari jumlah tersebut, terdapat 48 peserta yang berhasil meraih gelar juara. Pada hari Kamis, tanggal 10 Agustus pukul 14.00 WIB, acara pembukaan Lomba Semarak KKN UNIMED dilangsungkan dengan megah. 

Momen bersejarah ini dihadiri oleh peserta lomba dan para perangkat kantor Desa Tanjung Sari yang turut meramaikan suasana. Pukul 16.00 WIB, momentum semarak berlanjut dengan Lomba Mewarnai yang diikuti oleh peserta dari kalangan anak-anak PAUD, TK, serta siswa SD kelas 1 dan 2. Tidak berhenti di situ, pukul 17.00 WIB, giliran Lomba Cerdas Cermat digelar untuk peserta dari SD kelas 5, 6, dan juga siswa kelas 1 SMP.

Keesokan harinya, pada tanggal 11 Agustus 2023 pukul 14.30 WIB, diadakan Lomba Fashion Show sekaligus Lomba Surah Pendek tingkat anak-anak dan remaja. Lomba Fashion Show ini mengangkat tema “Profesi” dengan jumlah peserta sebanyak 43 dari berbagai kalangan, mulai dari PAUD, TK, SD, hingga SMP. Selanjutnya, perlombaan Surah Pendek untuk tingkat anak-anak diikuti oleh 30 peserta, sementara untuk tingkat remaja terdapat 35 peserta. 

Pada perlombaan surah pendek untuk anak-anak, peserta diuji pada surah wajib yaitu Al-Fatihah, serta surah pilihan seperti Al-Ikhlas, Al-Fil, dan Al-Kafirun. Sementara itu, pada tingkat remaja, peserta diuji pada surah wajib Al-Fatihah dan surah pilihan seperti At-Tin, Ad-Dhuha, dan Al-Ma’un.

 Pada hari terakhir perlombaan, yakni tanggal 12 Agustus 2023 pukul 07.30 WIB, digelar lomba atletik dengan nomor sprint putra/putri 50 meter serta nomor lari estafet 4×50 meter. Lomba ini diikuti oleh peserta didik dari kelas 5 dan 6 SDN 107415 Tanjung Sari, dengan jumlah peserta mencapai 83 orang. Pada malam yang sama, dilangsungkanlah Acara Penutupan Lomba Semarak KKN UNIMED 2023. Kemeriahan penutupan Semarak KKN UNIMED 2023 tidak lepas dari antusias warga yang menyaksikan acara penutupan hingga akhir. 

Dimulai dengan sambutan yang diawali oleh Ketua Pelaksana Semarak KKN UNIMED 2023 oleh Landong Ignatius Simanihuruk dan diikuti oleh Koordinator KKN, acara ini mengalir dengan lancar. Ragam penampilan menarik dari mahasiswa dan mahasiswi KKN Universitas Negeri Medan memeriahkan acara, termasuk tarian persembahan dan tarian tor-tor yang menghentakkan. Sebagai puncaknya, yaitu pada momen pemberian hadiah kepada para pemenang. Penghargaan ini tak hanya sebagai pengakuan atas dedikasi peserta lomba, melainkan juga sebagai insentif untuk terus mendorong kontribusi berkelanjutan dalam pembangunan masyarakat.

Keberhasilan lomba ini semakin mengukuhkan komitmen kuat UNIMED dalam membentuk generasi yang tak hanya berkualitas secara akademis, melainkan juga peka dan tanggap terhadap tuntutan masyarakat di sekitarnya.(Humas Unimed)