Rabu, 22 Mei 2024
Sekolah Menengah Atas

Trashver App SMA Muhammadiyah Bantul Raih Silver Medals di Ajang WYIIA 2023

(RASPADTRA, Tim Peneliti SMA Muhammadiyah Bantul)

RASPADTRA, tim peneliti SMA Muhamamdiyah Bantul turut serta mengikuti ajang World Youth Invention and Innovation Award (WYIIA) 2023. Kegiatan ini merupakan program kerja sama Indonesian Young Scientist Association (IYSA) dengan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST). Sebanyak 343 tim dari 14 negara mengikuti kegiatan yang berlangsung pada 10-15 Oktober 2023 ini. Program WYIIA sendiri sudah terselenggara kali ketiga di tahun ini. WYIIA 2023 mengusung tema education, life science, physics, technology, enviroment, energy and engineering, dll.

Tim SMA Muhammadiyah Bantul memilih sub tema enviroment. RASPADTRA yang terdiri atas Anindya Putri Salsabila, Echa Ainna Athira, dan Shafa Salsabila ini tampil memukau dengan mempresentasikan Trashver App. Trashver App merupakan sebuah aplikasi berbasis edukasi mengenai bahaya dari sampah, proses 3R, dan macam penyakit dengan sumber pencetus sampah. Aplikasi ini menyediakan lima fitur. Fitur andalan yang berisi tentang bahaya dari sampah, proses reduce, reuse, recycle, dan penyakit yang bisa berkembang. Tutorial yang berisi berbagai video inspirasi dalam pembuatan kerajinan tangan berbahan plastik. Finding trash bin yang membantu masyarakat menemukan keberadaan tempat sampah di sekitar mereka. Shopping yang membantu masyarakat bisa menjual atau membeli produk kerajinan tangan dari barang bekas di harga yang potensial. Trash information yang berisi macam-macam berita terkini mengenai sampah di seluruh Indonesia.

Pada akhirnya setelah proses percobaan dan penelitian yang panjang, kerja keras dari RASPADTRA berbuah manis. Mereka meraih silver medals pada ajang bergengsi tingkat internasional tersebut. Tim peneliti SMA Muhammadiyah Bantul berkreasi, berinovasi, dan berprestasi!